8 Cara Tidur Kembali saat Terbangun di Malam Hari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita tidur bermasalah. Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi wanita tidur bermasalah. Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Anda mungkin pernah mengalami terbangun dari tidur saat malam hari karena alasan yang tidak bisa dijelaskan dan tidak bisa tidur kembali. Haruskah Anda terus membolak-balik dan berharap yang terbaik, atau bangun dari tempat tidur untuk melakukan sesuatu yang membuat Anda mengantuk lagi? Ada beberapa cara tidur kembali saat terbangun di malam hari menurut para ahli tidur.

Penyebab Terbangun di Malam Hari

Ada beberapa hal yang lebih buruk daripada terbangun di tengah malam, entah karena kecemasan atau alasan lain, dan tidak bisa tidur kembali. Namun terbangun di tengah malam sebenarnya adalah hal yang normal.

“Semua orang pernah terbangun di tengah malam,” kata Philip Lindeman, pakar tidur di Ghostbed, dikutip dari Real Simple, Rabu, 19 April 2023.

"Siklus tidur normal sedemikian rupa sehingga kita semua memasuki setidaknya fase terjaga yang sangat dangkal beberapa kali per malam." Ini dapat mencakup selingan bangun untuk pergi ke kamar mandi dan kemudian kembali tidur. Faktanya, lanjut Lindeman,  Anda bahkan mungkin tidak ingat banyak dari kebangkitan ini terjadi.

Penyebab lain terbangun di malam hari juga dapat mencakup stres, kecemasan, penyakit, kelaparan, ketidaknyamanan, atau perubahan dalam rutinitas tidur dan lingkungan tidur Anda, jelas psikolog klinis Carolina Estevez. Lalu ada penyebab seperti mimpi buruk atau teror malam, atau kebisingan lingkungan atau gangguan cahaya.

Jelas terbangun di malam hari adalah hal biasa dan jauh dari tidak dapat dihindari, dan biasanya baik-baik saja jika dapat kembali tidur tanpa banyak masalah. Masalah sebenarnya muncul saat Anda bangun, baik secara alami atau tidak wajar, dan tidak bisa tidur lagi setelahnya. Ini sebenarnya dapat menyebabkan lebih banyak stres dan kecemasan yang membuat Anda tetap terjaga, dan tentu saja menyebabkan Anda kehilangan waktu tidur yang berharga untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Cara Tidur Kembali saat Terbangun di Malam Hari

1. Alihkan Pikiran Anda ke Tempat yang Menyenangkan

Jika Anda terbangun di malam hari dan bertanya-tanya bagaimana cara tidur kembali, Dr. Lindeman pertama-tama merekomendasikan agar Anda berada di ruang kepala yang baik.

“Cobalah membimbing diri Anda ke 'tempat yang menyenangkan', 'terbang' di atas tempat yang Anda suka, atau bahkan 'berjalan' ke sana jika itu membantu," katanya.

“Jangan khawatir jika matamu terbuka atau tertutup, karena itu tidak masalah. Yang penting ruangannya gelap.” Lindeman mengatakan biarkan pikiran Anda mengembara dan lakukan yang terbaik untuk tetap di sana, agar Anda mudah terlelap.

2. Setelah Sekitar 20 Menit, Cari Tempat Lain untuk Berbaring

Namun, Dr. Lindeman menambahkan bahwa penting untuk tidak memaksakan tidur, yang menurutnya dapat memiliki efek sebaliknya. Jika lebih dari 20 menit telah berlalu dan Anda masih terbaring di tempat tidur, Estevez menyarankan untuk bangun dan pergi ke ruangan lain yang dapat membantu menenangkan pikiran Anda. Idealnya, ini adalah ruangan dengan sofa atau bahkan tempat tidur lain tempat Anda dapat berbaring dan mendorong istirahat.

Baca juga: 4 Kebiasaan Minum yang Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."