3 Manfaat Tidur untuk Kesehatan Otak

Ilustrasi wanita tidur. Freepik.com/Jcomp

kesehatan

3 Manfaat Tidur untuk Kesehatan Otak

Sabtu, 17 September 2022 08:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Tidur adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan otak. Bahkan, menurut ahli saraf di Amerika Serikat, Hayley Nelson, tidur tidak hanya bagian penting dari rutinitas harian kita, tetapi cukup tidur pada waktu yang tepat sangat penting untuk kelangsungan hidup kita.

Untuk membantu mendukung kualitas tidur, Dr. Nelson merekomendasikan untuk menghapus aktivitas bermain ponsel atau nonton televisi di kamar tidur Anda. Ia juga menyarankan menciptakan ritual sebelum tidur, seperti menuliskan pikiran Anda dalam jurnal rasa syukur.

Agar lebih lengkap, dokter Nelson memaparkan tiga alasan pentingnya tidur guna menjaga kesehatan otak.

1. Meningkatkan respons dan konsentrasi

“Tidur penting untuk sejumlah fungsi otak, termasuk bagaimana sel-sel saraf atau neuron berkomunikasi satu sama lain,” kata Dr. Nelson. “Tanpa tidur, lebih sulit untuk berkonsentrasi dan merespons dengan cepat. Tanyakan saja kepada orang tua baru yang kurang tidur: Otak tidak bekerja secara efektif jika tidak cukup istirahat.”

Idealnya, Anda merasakan energi dan fokus saat mencoba menangani sesuatu yang membutuhkan perhatian Anda. "Apakah Anda merasa lamban dan tidak jelas dalam melakukan tugas yang sebelumnya tidak ada masalah untuk diselesaikan? merasa sulit untuk tetap fokus melalui penyelesaian tugas dan lebih sering bingung?" Jika jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini adalah ya, kata Dr. Nelson, mungkin sudah waktunya untuk memperbaiki tidur Anda.

2. Regulasi emosi menjadi lebih baik

Manfaat penting lain dari tidur adalah kemampuan untuk mengatur emosi. Dr. Nelson bertanya, “Apakah Anda dapat mengendalikan emosi Anda, tanpa ledakan besar atau gangguan, atau apakah Anda cenderung mudah putus asa?” Jika Anda merasa sensitif akhir-akhir ini, itu mungkin pertanda bahwa pola tidur Anda perlu diperbaiki.

3. Meningkatkan keterampilan belajar dan memori

Memori diproses selama sesi menutup mata, kata Dr. Nelson, dan itu termasuk apa pun yang Anda pelajari hari itu. “Salah satu fungsi otak utama yang terjadi selama tidur adalah pemrosesan informasi yang Anda pelajari di siang hari serta konsolidasi memori,” kata Dr. Nelson.

Memprioritaskan kualitas tidur harus menjadi bagian dari rutinitas kesehatan otak harian. Terakhir, dokter Nelson merekomendasikan memilih gorden berwarna gelap, hindari gawai, dan konsumsi suplemen jika Anda membutuhkan agar tidur lebih nyenyak.

WELL AND GOOD

Baca juga: Omega-3 Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur, Kata Penelitian

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika