8 Cara Tidur Kembali saat Terbangun di Malam Hari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita tidur bermasalah. Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi wanita tidur bermasalah. Freepik.com/Jcomp

IKLAN

3. Terapkan Teknik Relaksasi Sederhana

“Anda juga dapat mencoba teknik relaksasi seperti pernapasan dalam atau relaksasi otot progresif,” jelas Dr. Lindeman.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa pernapasan lambat, bersama dengan kebersihan dan kebiasaan tidur yang sehat, mungkin lebih efektif mengatasi insomnia daripada intervensi seperti hipnosis atau obat resep.

Satu latihan pernapasan yang disebut pernapasan 4-7-8, yang melibatkan pernafasan yang panjang, membantu menonaktifkan sistem stres Anda dan mengaktifkan sistem istirahat dan pencernaan Anda.

4. Lebih Banyak Latihan Fisik di Siang Hari

Estevez juga mengatakan bahwa memasukkan aktivitas fisik secara teratur ke dalam hari Anda dapat membantu meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik di malam hari dan mencegah terjadinya terbangun di malam hari dan sulit tidur.

5. Hindari Memakai Gawai

Ada lebih banyak daftar hal-hal yang harus Anda hindari daripada hal-hal yang harus Anda lakukan jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara tidur kembali. Hal terbesar yang harus dihindari adalah ponsel, lalu televisi.

“Jangan buka ponsel, tablet, atau komputer Anda,” kata Dr. Lindeman. "Itu adalah hal terburuk yang dapat Anda lakukan karena panjang gelombang cahaya yang dipancarkan akan menurunkan kadar melatonin Anda."

Karena cahaya biru dan cahaya terang menghentikan produksi melatonin, yang penting untuk membuat Anda merasa mengantuk, sehingga dapat membuat tubuh Anda lebih terjaga.

Dr. Lindeman juga memperingatkan untuk tidak menyalakan lampu, makan, minum, atau minum obat kecuali Anda kesakitan (seperti sakit karena virus dan tidak bisa tidur lagi karenanya).

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."