Mitos dan Fakta Kolagen yang Dipercaya bisa Bikin Kulit Wajah Awet Muda

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi kulit cantik. Shutterstock.com

Ilustrasi kulit cantik. Shutterstock.com

IKLAN

Mitos 4: Kolagen dapat diserap langsung ke dalam kulit

Kolagen, ketika dioleskan ke kulit, merupakan molekul yang terlalu besar untuk benar-benar diserap secara langsung—sehingga perembesannya tidak terlalu dalam. Jadi ketika kamu melihat "kolagen" pada produk perawatan kulit, kemungkinan besar itu adalah kolagen terhidrolisis. “Kolagen terhidrolisis adalah versi rusak dari bahan penyusun dasar kolagen,” kata Erum N. Ilyas , MD, MBE, FAAD, dokter kulit bersertifikat dan CEO serta pendiri Amber Noon.

“Beberapa produk mungkin mengandung kolagen terhidrolisis mengingat kolagen yang sebenarnya terlalu besar untuk diserap, dan secara teoritis jenis ini mungkin lebih baik diserap karena produk pemecahan kolagen yang lebih kecil. Meski begitu, sejauh mana perbedaan ini dibandingkan dengan bahan pelembab lainnya sulit untuk dikatakan dengan pasti. Saya pribadi tidak menggunakan suplemen kolagen sebagai bagian dari rutinitas kesehatan saya, karena itu tidak penting untuk perlindungan kulit seiring bertambahnya usia."

Mitos 5: Menambahkan kolagen ke dalam air adalah cara terbaik untuk mengonsumsinya

“Kenyataannya adalah popularitas air kolagen tampaknya terutama terkait dengan kampanye pemasaran berbagai merek dan kemudahan konsumsi, karena kita semua mencari solusi sederhana untuk anti-penuaan,” kata Dr. Ilyas. (Siapa yang tidak bisa mengerti?) Dia merekomendasikan untuk tidak memilih air kolagen daripada air biasa (atau lebih banyak makan makanan kaya protein) karena manfaatnya yang digembar-gemborkan. "Minumlah hanya jika Anda menikmati rasanya," katanya. “

Kolagen tentu saja dicerna, menghabiskan waktu di lingkungan asam lambung, dan secara teoritis perlu diserap dan dipindahkan ke kulit untuk meningkatkan dukungan kulit—tetapi apakah proses ini benar-benar terjadi atau tidak dan sejauh mana kita ingin mendapat manfaat dan melihat hasilnya pun belum diperiksa dengan baik atau divalidasi oleh penelitian ilmiah yang sah."

Jadi, lanjutkan dan nikmati batangan protein kolagen tersebut atau pasangkan dengan beberapa makanan lain yang dapat membantu meningkatkan kemanjurannya.

Pilihan Editor: Rahasia Awet Muda ala Miranda Kerr; Pijat Wajah, Eksfoliasi, dan Hidrasi

WIDYA FITRIANINGSIH | WELL AND GOOD 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."