Mitos dan Fakta Kolagen yang Dipercaya bisa Bikin Kulit Wajah Awet Muda

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi kulit cantik. Shutterstock.com

Ilustrasi kulit cantik. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kolagen menjadi salah satu topik pembicaraan soal awet muda. Sebagai informasi, kolagen adalah nutrisi yang terkadang terselip dalam kemasan snack bar, kaldu tulang, air kemasan, bubuk suplemen, dan bahkan produk perawatan kulit untuk beberapa waktu terakhir ini. Namun, apakah kamu penasaran mengapa kolagen sering kali diselipkan dalam berbagai macam produk olahan? Mari simak penjelasan mitos dan fakta kolagen berikut ini. 

Sederhananya, kolagen adalah jenis protein yang paling banyak ditemukan di tubuh kita. Kolagen digunakan untuk membuat jaringan ikat (alias fascia) serta berfungsi untuk membuatnya tetap kuat dan tangguh. Kolagen juga merupakan komponen kunci dari tulang, otot, kulit, tulang rawan, dan tendon kita. 

Sebagai bagian alami dari proses penuaan, tubuh kita akan memproduksi lebih sedikit kolagen secara bertahap dari waktu ke waktu, tetapi kebiasaan gaya hidup (seperti paparan sinar matahari, merokok, dan kurang tidur) juga dapat menurunkan produksi kolagen dalam tubuh.

Karena jumlah kolagen dalam tubuh kita secara alami berkurang seiring bertambahnya usia, beberapa orang lebih memilih untuk mencari produk dengan kandungan kaya akan kolagen untuk meningkatkan asupan kolagennya. Sebagian besar karena hubungannya dengan kulit, rambut, dan otot yang sehat, kolagen telah diposisikan sebagai semacam nutrisi "mata air awet muda" di beberapa sektor industri makanan, perawatan kulit, dan suplemen. 

Meskipun tidak ada yang salah dengan keinginan untuk mengoptimalkan proses penuaan dengan cara yang kamu sukai, haruskah kita benar-benar khawatir tentang konsumsi kolagen? Inilah penjelasan dari ahli nutrisi, kesehatan, dan perawatan kulit yang sangat dibutuhkan tentang manfaat nyata kolagen.

Berikut ini adalah beberapa mitos perihal kolagen bikin awet muda yang sudah waktunya untuk dibantah oleh fakta, menurut RD dan kulit.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."