6 Penyebab Pusing saat Haid

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita sakit kepala/pusing. Shutterstock.com

Ilustrasi wanita sakit kepala/pusing. Shutterstock.com

IKLAN

5. IUD

Jika Anda baru-baru ini memutuskan untuk memasang AKDR tembaga (merek paling umum Paraguard) yang ditanamkan untuk kontrasepsi, Dr. Danis mengatakan Anda mungkin melihat peningkatan jumlah darah yang Anda keluarkan selama siklus menstruasi.

Memang, ulasan November 2018 di ‌PLOS One‌ (yang mengumpulkan beberapa temuan penelitian) menemukan bahwa peningkatan perdarahan dan kram saat menstruasi adalah gejala paling umum yang dilaporkan setelah pemasangan alat kontrasepsi spiral atau Intra Uterine Device (IUD) .

Menurut beberapa penelitian lain bahkan mengalami pendarahan sepanjang bulan. Meskipun ini dianggap normal dan pada akhirnya akan berkurang seiring berjalannya waktu, beberapa bulan pertama bisa menjadi masa transisi yang sulit karena tubuh Anda menyesuaikan diri, terutama jika Anda merasa pusing.

Cara mengatasi: Pertama, coba minum obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) jika diperlukan untuk nyeri. Pastikan untuk tetap berhubungan dengan dokter Anda dan perhatikan perubahan siklus menstruasi. Jika Anda menemukan pendarahan mengganggu kehidupan sehari-hari, ob-gyn Anda dapat menawarkan pilihan kontrasepsi yang berbeda yang mungkin tidak menghasilkan aliran yang lebih berat.

6. Kelelahan

Alasan lain mengapa Anda merasa pusing saat haid? Anda mungkin hanya lelah. Beberapa orang mengalami insomnia menjelang menstruasi mereka (gejala umum sindrom pramenstruasi), menurut laporan Februari 2017 di ‌Journal of Sleep Medicine and Disorders‌. Jadi, Anda mungkin sebaiknya beristirahat setelah haid tiba.

Demikian pula, Dr Danis mengatakan orang mungkin juga merasa lebih lelah pada akhir siklus menstruasi mereka, karena perubahan hormonal. Dengan kata lain, menstruasi dapat membuat Anda sangat lelah dari minggu sebelum dimulai hingga akhir - dan kelelahan itu dapat menyebabkan pusing.

Cara mengatasi: Dengarkan isyarat tubuh Anda pada saat sebelum dan saat menstruasi, terutama jika Anda mengalami sindrom pramenstruasi. Istirahat yang cukup, makan makanan yang seimbang, tetap terhidrasi, dan cobalah gerakan lembut seperti berjalan kaki, bersepeda, atau yoga untuk meredakannya.

Perlu dicatat, bagaimanapun, bahwa pusing sesekali sebelum dan selama menstruasi umumnya tidak perlu dikhawatirkan.

"Jika pusing saat haid terus berlanjut, tidak membaik dengan intervensi di rumah, mengganggu aktivitas normal Anda sehari-hari, mengintensifkan atau digabungkan dengan kelelahan ekstrem dan kehilangan banyak darah, kunjungan tepat waktu ke dokter Anda diperlukan," imbau Dr. Javaid.

Pilihan Editor: 11 Cara Atasi Pusing Saat Haid yang Mudah Dilakukan

LIVESTRONG

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."