11 Cara Atasi Pusing Saat Haid yang Mudah Dilakukan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi wanita migrain atau sakit kepala. Freepik.com

Ilustrasi wanita migrain atau sakit kepala. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sakit kepala atau pusing saat haid biasanya terjadi karena perubahan hormon pada perempuan. Sekitar dua hari sebelum atau tiga hari sesudah menstruasi baru muncul rasa sakit kepala tersebut hingga terasa sangat nyeri. Selain karena perubahan hormon, terdapat faktor penyebab pusing saat menstruasi yang lainnya seperti anemia atau tekanan darah yang rendah. 

Sakit kepala saat menstruasi bisa membuat aktivitas sehari-hari yang rutin dilakukan menjadi terhambat karena rasa sakit yang membuat tidak nyaman.

Berikut rangkuman 11 cara mengatasi sakit kepala saat haid agar Anda  tetap dapat menjalankan aktivitas seperti biasa tanpa rasa sakit yang mengganggu.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Sakit kepala saat haid memang dianjurkan untuk banyak minum air putih. Karena jika kita kekurangan cairan maka akan timbul dehidrasi dan itulah yang menjadi penyebab rasa pusing di kepala. Air putih juga dapat membantu mengatasi kram pada perut dan melancarkan aliran darah ketika menstruasi.

2. Istirahat Cukup

Ketika sedang mengalami pusing, ada baiknya untuk beristirahat sejenak. Tidur yang cukup 7-8 jam setiap hari dan batasi aktivitas fisik yang terlalu berat saat haid. Karena jika dipaksakan, rasa sakitnya akan lama hilangnya.

3. Mengontrol Rasa Stres

Rasa stres bisa memicu nyeri sakit kepala semakin hebat, untuk itu sangat penting untuk mengontrol rasa stres yang ada. Dilansir dari halodoc, studi berjudul Stress and Chronic Headache yang dimuat dalam The Journal of Headache and Pain. Semakin besar stres yang dialami, maka akan semakin kuat dan sering sakit kepala menyerang. 

Untuk itu coba lebih santai lagi dan mulai menarik nafas dalam-dalam saat rasa stress terasa menyerang pikiran. Mulai berpikir secara positif agar rasa stres dan energi negatif tidak menguasai pikiranmu.

4. Kompres Air Dingin

Kompres dengan air dingin dapat mengurangi ketegangan otot yang menyebabkan sakit kepala. Cara mengompresnya bisa dengan membasahi handuk dengan air dingin atau dengan bungkus es lalu tempelkan ke kepala atau leher sampai rasa nyeri mereda dengan sendirinya.

5. Olahraga

Olahraga rutin bagus untuk kesehatan dan membuat tubuh bugar. Dengan berolahraga secara rutin sangat membantu mengurangi risiko sakit kepala saat haid. Ketika menstruasi juga dianjurkan untuk berolahraga namun disarankan untuk melakukan gerakan yang ringan saja dan tidak terlalu berat serta wajib melakukan pemanasan.

6. Konsumsi Tablet Tambah Darah

Faktor pusing saat haid bisa disebabkan karena anemia defisiensi besi. Pada jenis anemia ini, zat besi yang rendah menyebabkan penurunan produksi sel darah merah, yang menyebabkan sirkulasi oksigen rendah. Itulah pentingnya untuk minum tablet tambah darah untuk mencegah anemia dan tentunya dengan dosis yang tepat.  

7. Mengkonsumsi Buah-buahan

Dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C seperti pisang, nanas, kranberi, apel, ceri dan lainnya dapat meredakan sakit kepala. Vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi sehingga hal itu baik jika kita mengkonsumsi tablet tambah darah karena penyerapannya di dalam tubuh bisa maksimal.

8. Minum Obat Pereda Nyeri

Obat pereda nyeri seperti paracetamol, ibuprofen  juga ampuh untuk mengatasi sakit kepala haid yang nantinya akan meredakan rasa sakit anda. Sebenarnya obatnya banyak dijual di apotik sekitar, namun ada baiknya sebelum mengkonsumsi obat konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu, karena riwayat kesehatan setiap orang beda-beda.

9. Memilih Minuman Yang Bagus Untuk Dikonsumsi

Minuman untuk mengatasi sakit kepala saat haid yang wajib anda coba adalah teh jahe dan teh camomile. Jus buah juga bagus asalkan tidak berlebihan. Hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan juga alkohol yang dapat memperburuk rasa sakit kepala.

10. Mengurangi Konsumsi Garam

Dengan mengurangi konsumsi garam maka dapat membuat sakit kepala menjadi reda atau dapat membuat sakit kepala tidak muncul saat menstruasi. Sebab mengkonsumsi garam secara berlebihan maka dapat meningkatkan tekanan darah dan memicu munculnya sakit kepala.

Maka sementara hindari untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan garam yang tinggi seperti pada keripik, saus, daging olahan dan makanan cepat saji lainnya. Selain itu ketika memasak di rumah, perhatikan berapa banyak garam yang digunakan saat memasak.

11. Hindari Paparan Sinar Matahari 

Saat merasakan sakit, sebaiknya kurangi aktivitas diluar ruangan yang langsung membuat terpapar dengan sinar matahari. Sebab dikutip dari kompas.com, di dalam kepala juga terdapat pembuluh darah yang sensitif. Dalam kasus sakit kepala karena terpapar matahari, pembuluh darah mengalami dilatasi atau pelebaran. Fase ini terkadang disertai respons tubuh berupa sakit kepala.

Berikut rangkuman cara atasi pusing saat haid. Semoga  dengan mengikuti cara tersebut, sakit kepala saat haid dapat teratasi dan sembuh.

Baca: Faktor Nyeri Hingga Sakit Kepala Saat Menstruasi

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

BERBAGAI SUMBER

LINTANG OLIVIA RUDIANTO

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."