Untuk Orang Tua, Ini 5 Alasan Anak Tak Bagikan Perasaannya kepada Anda

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu sedang berbincang dengan putrinya. Foto: Pixabay.com/Iqbal Nuril Anwar

Ilustrasi ibu sedang berbincang dengan putrinya. Foto: Pixabay.com/Iqbal Nuril Anwar

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selalu ada hal baru yang dipelajari dalam mengasuh anak. Seiring waktu, bisa menjadi rumit ketika mencoba memastikan bahwa sebagai orang tua memberikan yang terbaik untuk anak-anak, sambil memastikan mereka mempelajari nilai-nilai dan keterampilan yang diperlukan untuk menjalani kehidupan di tahun-tahun berikutnya. Namun, kestabilan emosi anak sangat penting karena akan berdampak lebih jauh pada pertumbuhan fisik dan mental mereka. Menyikapi hal tersebut, psikoterapis Emily H. Sanders menulis, terlepas dari filosofi atau pendekatan pengasuhan Anda, memastikan untuk mendengarkan anak Anda dan memvalidasi perasaan mereka adalah kuncinya.

Sebagai orang tua, memastikan emosi dan perasaan anak-anak diakui adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Ini akan membantu dalam ikatan dan kedekatan yang lebih baik dengan anak-anak dan akan membuat mereka merasa lebih aman dengan orang tua mereka. Tetapi kadang-kadang, anak-anak menahan diri untuk tidak berbagi perasaan mereka dengan orang tua mereka. Berikut beberapa alasannya.

1. Merasa jadi Beban

Terkadang anak-anak menjadi sadar akan kekhawatiran yang mungkin mereka timbulkan pada orang tua mereka. Oleh karena itu, mereka menahan diri untuk tidak mengungkapkan perasaan jujur mereka agar tidak mengganggu orang tua dengan perasaan mereka.

2. Orang Tua Terlalu Sibuk

Orang tua mungkin tampak terlalu sibuk untuk didekati anak-anak mereka. Oleh karena itu, anak-anak berhenti membagikan perasaan mereka.

3. Tidak Didengar saat Ingin Bercerita

Terkadang, yang diminta seorang anak hanyalah untuk didengarkan. Dalam kebanyakan kasus, orang tua mencoba memecahkan masalah anak-anak, daripada mendengarkan mereka.

4. Mengabaikan Perasaannya

Orang tua kadang-kadang, secara sadar atau tidak sadar, mengabaikan perasaan anak-anak mereka. Hal tersebut membuat anak-anak menahan diri untuk tidak berbagi hal-hal dengan orang tua mereka.

5. Beri Dukungan yang Dibutuhkan

Orang tua harus memeriksa masalah begitu anak-anak mereka menceritakan masalah mereka. Ini akan membantu dalam menciptakan lebih banyak ikatan dan pemahaman. Ini juga akan membuat anak lebih nyaman dalam membicarakan masalah tersebut dengan orang tuanya.

Pilihan Editor: Untuk Orang Tua, Berikut 6 Kebiasaan Baik dalam Mengasuh Anak

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."