Cara Asmirandah Mengasuh Anak, Satu Suara dengan Suami dan Memberi Contoh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
(dari kanan) Asmirandah bersama suami, Jonas Rivanno dan putri mereka, Chloe. Foto: Instagram/@asmirandah89

(dari kanan) Asmirandah bersama suami, Jonas Rivanno dan putri mereka, Chloe. Foto: Instagram/@asmirandah89

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap orang tua punya gaya mengasuh anak masing-masing, begitu pula dengan pasangan selebriti Asmirandah dan Jonas Rivanno. Keduanya diketahui dikaruniai anak perempuan yang dinamai Chloe Emmanuelle Van Wattimena. Anda sapaan akrab perempuan 33 tahun itu mengutamakan satu suara dalam menerapkan peraturan pada anak dan memberi contoh jika ingin anak melakukan hal yang sama.

Aku bersyukur papanya Chloe (Jonas Rivanno) sangat support (mendukung). Penting banget dukungan papanya Chloe, misalnya kita punya peraturan untuk anak," ujar Asmirandah dalam acara Makuku MURI Record, di Pullman Hotel Central Park, Jakarta Barat, pada Selasa, 28 Maret 2023.

"Contoh sederhananya, makan tidak boleh sambil jalan-jalan atau anak sebelum dua tahun jangan dikasih permen dulu. Jadi, harus sama (satu suara) mama dan papanya. Itu yang selama ini aku dan suami saling mengajar dan mendidik chloe sambil kami belajar juga," sambungnya.

Anda juga mengaku masa-masa pembentukan sikap Chloe sudah terlihat jelas, mengingat usianya sudah lebih dari dua tahun. Maka dari itu, dia mengaku tidak ingin melewatkan momen tumbuh kembang si kecil.

Selain itu, dia dan Jonas juga konsisten memberi contoh baik agar Chloe melakukan hal yang sama. 

"Yang aku jaga adalah anak itu peniru orang tua dan lingkungan sekitar, baik dari sikap dan perkataan. Gimana aku pengen Chloe bilang terima kasih saat diberikan sesuatu, aku harus melakukan itu. Atau misanya saat aku ingin Chloe bilang minta tolong atau minta maaf, aku juga harus melakukan itu," tuturnya.

Menurut Anda, Chloe termasuk anak dengan emosi yang stabil. "Jarang banget tantrum, rewel, hampir gak pernah," bintang sinetron Kemilau Cinta Kamila itu. 

Baca juga: Menanti Anak selama 7 Tahun, Ini yang Selalu Diucapkan Asmirandah dalam Doa

Soal Kebersihan Tubuh dan Popok untuk Chloe

Menyoal popok untuk Chloe, Asmirandah mengatakan pentingnya memilih popok yang nyaman. Terlebih Chloe tergolong anak yang aktif dan suka bermain di luar ruangan. 

"Aku sering ajak Chloe aktivitas di luar rumah agar melatih motorik kasarnya. Itu butuh banget popok yang nyaman untuk Chloe," tukasnya.

Selain itu, Asmirandah juga memperhatikan cara membersihkan organ intim Chloe saat mengganti popok. Dia lebih memilih menggunakan air mengalir ketimbang tisu basah sesuai saran dokter.

"Sebagai orang tua baru sering banget bertanya sama dokter anak. Bagaimana cara membersihkan yang benar apalagi perempuan, dengan air. Kemudian harus mengganti popok dua jam sekali dikasih tahunya. Itu yang aku lakukan," ucapnya.

"Dan, begitu Chloe MPASI (Makanan Pendukung Air Susu Ibu) dan dia sudah mulai bisa duduk, aku memang membiasakan membersihkannya di toilet. Ada pemakaian krim.Menurut aku kebersihan paling utama," tandas Asmirandah. 

Pilihan Editor: Asmirandah Cerita Indahnya Menjadi Ibu, Menyusui Sambil Memasak atau Makeup

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."