8 Manfaat Minyak Oregano, Redakan Peradangan hingga Antibiotik Alami

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Minyak oregano. Shutterstock

Minyak oregano. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaOregano umumnya digunakan dalam bentuk bumbu pada berbagai jenis makanan khas Italia seperti pizza dan pasta. Selain digunakan dalam makanan, oregano dalam bentuk minyak dapat digunakan untuk berbagai manfaat kesehatan karena khasiatnya sebagai obat. Menurut Shonali Sabherwal, ahli gizi asal India, minyak oregano telah digunakan sejak zaman Hippocrates, seorang Dokter Yunani. Kehadiran kandungan carvacrol dan thymol (keduanya anti bakteri), p-cymene, dan y-terpinene membuat minyak oregano kaya manfaat.

Minyak oregano dapat digunakan untuk batuk dan pilek. “Saya menggunakannya dalam diffuser (sebagai tindakan pencegahan)," ungkapnya.

Menurut Reema Kinjalkar, ahli gizi di Urban Platter, minyak oregano memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut delapan di antaranya. 

1. Kaya Antioksidan

Antioksidan mengikat radikal bebas yang merupakan racun berbahaya dalam tubuh kita. Antioksidan membantu mencegah kerusakan sel dan stres oksidatif yang dapat menyebabkan gangguan kronis seperti kanker atau penyakit jantung.

Oregano kaya antioksidan seperti carvacrol dan thymol, yang dapat membantu mencegah kerusakan dengan menetralkan radikal bebas penyebab penyakit.

2. Anti-inflamasi

Salah satu manfaat minyak oregano adalah mengurangi peradangan karena kandungan antioksidan yang tinggi. Ini membantu dalam melindungi tubuh terhadap beberapa gangguan, termasuk penyakit kardiovaskular, kanker, gangguan neurodegeneratif, dan toksisitas obat. 

Carvacrol mengurangi produksi mediator peradangan (interleukin) yang diketahui menyebabkan peradangan. Juga, carvacrol membantu dengan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), yang disebabkan oleh merokok.

3. Antibiotik Alami

Minyak Oregano secara efektif menonaktifkan berbagai bakteri patogen dan biofilmnya terlepas dari kerentanan antibiotiknya. Ini juga efektif melawan strain bakteri yang kebal antibiotik. Karena kemampuannya untuk melindungi dari infeksi bakteri, minyak oregano topikal efektif dalam perawatan dan penyembuhan luka, bahkan membunuh Staphylococcus aureus (MRSA) yang resisten methicillin.

4. Anti-Jamur

Karena tingginya jumlah timol yang ada dalam minyak oregano, ini adalah pengobatan yang efektif untuk infeksi jamur kandida yang umum.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."