Fitur Tiktok Ini Bantu Remaja Mengelola Screen Time

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi TikTok. shutterstock.com

Ilustrasi TikTok. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaTiktok meluncurkan beragam fitur baru untuk remaja, keluarga, dan komunitasnya. Tiktok telah meningkatkan performa fitur screen time dengan menambahkan lebih banyak opsi kustomisasi. "Kali ini, Tiktok memperkenalkan setelan default baru bagi pengguna remaja, dan meningkatkan fitur Family Pairing dengan memperluas akses kontrol orang tua," Cormac Keenan, Head of Trust and Safety, TikTok dalam keterangan pers yang diterima Tempo pada awal Maret 2023. 

Beragam perubahan untuk membantu remaja mengelola screen time di TikTok

Cormac mengatakan dalam beberapa minggu mendatang, screen time untuk setiap pengguna di bawah usia 18 tahun akan secara otomatis dibatasi menjadi 60 menit per hari. Meskipun saat ini belum ada kesepakatan kolektif mengenai jumlah screen time yang 'tepat' atau dampak dari screen time secara lebih luas, timnya telah berkonsultasi dengan para peneliti akademis dan pakar dari Digital Wellness Lab di Boston Children’s Hospital untuk menentukan batasan ini. "Jika pengguna remaja telah mencapai batas screen time 60 menit, pengguna akan diminta memasukkan kode sandi untuk dapat terus menonton; proses ini mendorong remaja untuk membuat keputusan aktif bila ingin memperpanjang waktu penggunaan aplikasi," katanya.

Menurut hasil riset, meningkatkan kesadaran terhadap cara kita menghabiskan waktu dapat membantu meningkatkan kehati-hatian kita dalam mengambil keputusan. "Melalui fitur ini, kami mengajak pengguna remaja untuk menetapkan batas screen time harian mereka apabila mereka memilih untuk tidak menggunakan batas screen time default selama 60 menit dan menghabiskan waktu lebih dari 100 menit setiap harinya di TikTok," kata Cormac Keenan. 

Fitur ini merupakan kelanjutan dari fitur yang Tiktok rilis tahun lalu untuk mendorong remaja mengaktifkan pengelolaan screen time. Pengujian kami menemukan fitur ini membantu meningkatkan penggunaan perangkat screen time hingga 234 persen. Tiktok juga akan mengirimkan notifikasi dan rekap screen time ke kotak masuk semua pengguna remaja setiap minggunya.

Cornac meyakini, fitur-fitur ini bisa memperkuat setelan keamanan Tiktok bagi pengguna remaja. Sebagai contoh, akun milik pengguna berusia 14-15 tahun akan disetel ke private secara default, memungkinkan mereka untuk memilih dengan baik konten yang akan mereka bagikan, serta kapan dan kepada siapa mereka membagikannya. "Fitur pesan langsung hanya tersedia untuk pengguna berusia 16 tahun ke atas. Pengguna juga harus berusia minimal 18 tahun untuk menjadi host TikTok LIVE," tulisnya.

Membantu keluarga berdiskusi tentang kesejahteraan digital

Saat remaja membutuhkan dukungan, orang tua atau pendamping sering kali menjadi orang pertama yang mereka datangi. Fakta ini menjadikan para orang tua dan pendamping sebagai salah satu mitra terpenting Tiktok. "Seiring upaya kami dalam berinovasi untuk memberdayakan keluarga, kami telah menambahkan tiga fitur baru ke dalam Family Pairing," kata Cormac:

   Batas screen time harian khusus

Pendamping dapat menggunakan Family Pairing untuk menyesuaikan batas screen time harian bagi remaja – termasuk menentukan batas waktu yang berbeda-beda berdasarkan hari-hari tertentu dalam seminggu – memberikan lebih banyak pilihan bagi keluarga untuk menyesuaikan screen time dengan jadwal sekolah, liburan, atau perjalanan keluarga.

   Dasbor screen time 

Tiktok menghadirkan fitur dasbor screen time di Family Pairing untuk memberikan ringkasan perihal waktu yang diluangkan di aplikasi, berapa kali pengguna mengakses TikTok, dan rincian total waktu pengguna mengakses TikTok di siang dan malam hari. Menurut riset terbaru Tiktok, Tiktok memahami bahwa screen time merupakan salah satu topik yang paling sering didiskusikan orang tua dengan remaja mereka, dan kami ingin mendukung para pendamping dengan menyediakan informasi yang relevan untuk membantu mereka memandu anaknya.

   Nonaktifkan notifikasi

Notifikasi membantu setiap orang selalu terhubung, tapi ada saat-saat di mana kita perlu bebas dari gangguan. Tiktok telah memperkenalkan setelan baru yang memungkinkan orang tua mengatur jadwal untuk membisukan notifikasi untuk remaja mereka. Pengguna berusia 14-15 tahun tidak akan menerima notifikasi mulai pukul 9 malam. Untuk pengguna berusia 16-17, notifikasi dinonaktifkan mulai pukul 10 malam.

Setiap remaja dan keluarga memiliki keunikan dan perbedaan masing-masing. Tiktok berusaha terus fokus menjangkau orang tua dengan menyediakan informasi yang mereka butuhkan tentang TikTok. "Kami melakukan ini melalui kemitraan dengan kreator, pakar industri, dan kampanye iklan yang fokus pada fitur keamanan. Kami juga akan terus memunculkan informasi Family Pairing di dalam aplikasi ke beberapa pengguna kami untuk membantu mereka memahami opsi-opsi yang mungkin berguna bagi mereka atau orang yang mereka kenal. Kami harap fitur-fitur ini dapat senantiasa membantu keluarga membangun diskusi tentang keamanan dan kesejahteraan di dunia digital kita," kata Cormac.

Pilihan Editor: 5 Tips Life Hack ala TikTok yang Bisa Membuat Hidupmu jadi Lebih Mudah

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."