Ini Kaitan Rumah Berantakan dengan Kesehatan Mental

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu di dalam rumah yang berantakan. ph.theasianparent.com

Ilustrasi ibu di dalam rumah yang berantakan. ph.theasianparent.com

IKLAN

Manfaat Rumah Bersih dan Teratur

Para ahli sepakat bahwa ruangan yang rapi dan teratur dapat meningkatkan kesehatan mental. Gill mengatakan bahwa rumah yang tertata dengan baik dapat menciptakan serangkaian manfaat kesehatan mental, yang dapat mencakup rasa kejelasan dan kendali, peningkatan kualitas hidup, percaya diri yang lebih baik, peningkatan produktivitas, dan suasana yang lebih tenang.

Namun, terlepas dari apakah kamu berurusan dengan kondisi kesehatan mental atau tidak, membersihkan dan menata rumah membutuhkan waktu dan komitmen. Bersih-bersih mungkin terasa seperti upaya manusia super, tetapi ketahuilah bahwa meskipun hanya dengan menyimpan piring di lemari, hal tersebut dapat membuahkan hasil yang besar bagi jiwa kita.

"Merapikan barang-barang membutuhkan kemampuan mengambil keputusan, mengatur emosi, menentukan prioritas, dan kesabaran," ungkap Dattilo.

"Kita menerima isyarat penting tentang bagaimana keadaan kita dari apa yang kita lakukan, dan ketika kita menjaga rumah yang terorganisasi, kita memperkuat pesan bahwa kita sepadan dengan waktu, usaha, dan latihan yang diperlukan untuk tinggal di ruang yang terawat dan terkurasi. Sama halnya dengan ruangan yang berantakan dapat membuat kita merasa kewalahan dan cemas, ruangan yang tertata dengan baik dan rapi dapat membuat kita merasa tenang dan aman," lanjutnya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."