7 Cara Menyelamatkan Tanaman yang Hampir Mati

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita merawat tanaman. Freepik.com

Ilustrasi wanita merawat tanaman. Freepik.com

IKLAN

5. Membasmi Hama dan Serangga

Carilah tanda-tanda kerusakan akibat serangga saat memeriksa tanaman. Banyak hama tanaman hias yang umum juga dapat dibasmi dengan menyemprot dedaunan dan batang dengan botol semprotan air atau dengan mengalirkannya di bawah aliran air.

Kamu juga bisa mengoleskan sabun dan minyak insektisida secara aman pada sebagian besar tanaman hias untuk membasmi telur-telur hama. Pastikan untuk selalu memeriksa label untuk instruksi dan kompatibilitas sebelum menggunakan produk baru pada tanaman hiasmu.

6. Periksalah Lingkungan Tempat Tanaman Tumbuh

Jika penyebab tanaman hampir mati tidak diketahui dengan jelas, maka periksalah lingkungan tempat tanaman tumbuh. Kemudian, periksa kondisi pertumbuhannya, terlalu sedikit atau terlalu banyak cahaya dapat membuat tanaman tidak tumbuh subur, begitu juga dengan suhu yang salah.

Mulailah dengan mengenal tanamanmu sendiri. Berapa banyak cahaya yang dibutuhkannya? Berapa suhu pertumbuhan yang ideal? Kemudian periksa lingkungan sekitar tanaman. Mungkin tanamanmu berada dalam ruangan yang lembab atau suhu yang tidak sesuai.

7. Hindari Pemupukan yang Berlebihan

Meskipun sangat menggoda untuk memberikan tanaman kita dorongan nutrisi, namun memupuk tanaman yang lemah dapat menyebabkan lebih banyak tekanan stres pada tanaman tersebut. Meski begitu, terkadang kegagalan sebuah tanaman untuk tumbuh subur dapat disebabkan oleh kekurangan nutrisi, meskipun hal ini tidak akan menyebabkan kematian tanaman, cobalah langkah pemulihan lainnya terlebih dahulu dan tunggu hingga tanaman pulih sebelum melanjutkan pemupukan.

Ingatlah bahwa tanaman umumnya tidak perlu dipupuk selama bulan-bulan, apalagi pada saat musim dingin.

Kesimpulannya, butuh beberapa saat untuk menyelamatkan tanaman yang hampir mati. Meskipun kamu mungkin melihat beberapa tanda-tanda pemulihan dalam beberapa minggu, idealnya tanaman membutuhkan waktu satu bulan atau lebih untuk mulai memunculkan pertumbuhan baru.

Pilihan Editor: Ketahui 5 Hal Dasar Merawat Tanaman Aglonema bagi Pemula

WIDYA FITRIANINGSIH | REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika 

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."