Begini Cara Menyiram Sukulen yang Benar, Cek Dulu Tanahnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi tanaman sukulen. Foto: Unsplash.com/Lingchor

Ilustrasi tanaman sukulen. Foto: Unsplash.com/Lingchor

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaSukulen salah satu tanaman hias yang paling disukai banyak orang, terutama bagi mereka yang baru menyukai tanaman. Sebab sukulen merupakan tanaman dengan perawatan rendah dan tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Faktanya, ada ribuan jenis sukulen yang bisa dipilih. Meskipun sukulen adalah tanaman yang tahan terhadap kekeringan, dan daunnya yang indah dibuat untuk menyimpan air, penting untuk mengetahui cara menyiram sukulen  dengan benar agar dapat tumbuh subur.

Anda perlu memastikan bahwa Anda memberinya cukup air untuk mencegahnya layu dan mati, tapi juga jangan pula berlebihan. Berikut cara menyiram sukulen dengan benar menurut ahli.

Seberapa Sering Anda Perlu Menyiram Sukulen?

Karena sukulen merupakan tanaman penyimpan air, maka sukulen tidak memerlukan jadwal penyiraman yang teratur.

“Tidak ada aturan pasti tentang berapa kali dalam sebulan Anda harus menyirami sukulen karena ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan,” kata Nathan Heinrich, ahli hortikultura dan perancang botani dikutip dari Real Simple.

Jenis tanah, varietas tanaman, cuaca musiman, suhu, iklim, dan kelembapan semuanya berpengaruh pada seberapa sering Anda harus menyirami tanaman sukulen Anda.

Dia melanjutkan, "Di habitat aslinya, banyak varietas sukulen mengandalkan penyerapan kelembapan dari udara dibandingkan air hujan, sementara varietas lain telah beradaptasi dengan iklim hujan. Namun, satu kesamaan yang dimiliki semua sukulen adalah ketidaksukaan mereka yang kuat terhadap tanah yang basah."

Namun, Heinrich mengatakan ada satu aturan sederhana yang akan membantu Anda menentukan kapan harus menyiram sukulen. Saat tanah sukulen Anda kering saat disentuh, itulah waktunya untuk menyiram.

“Jangan menyiram saat tanah lembap atau terlihat lembap saat Anda merasakan bagian atas tanah dengan ujung jari Anda,” katanya.

Cara Menyiram Sukulen di Dalam Ruangan

Heinrich mengatakan bahwa sukulen dalam pot yang ditanam di dalam ruangan mengikuti aturan dasar penyiraman yang sama seperti sukulen lainnya—hanya disiram saat tanah kering. Anda harus menyiraminya secara menyeluruh ketika tanah di bagian atas wadah terasa kering saat disentuh.

“Cara terbaik untuk menyiram tanaman sukulen dalam pot adalah dengan meletakkannya di mangkuk atau piring dangkal di wastafel dapur atau bak mandi,” katanya.

"Kemudian, tambahkan air secara perlahan dan hati-hati  sampai airnya habis, dan isi mangkuk tempat Anda menyiram. Biarkan sukulen menyerap air sebanyak yang diinginkan selama 30 menit berikutnya."

"Setelah [tanaman] menyerap air dan tanah benar-benar jenuh, keluarkan dari mangkuk dan biarkan kelebihan air mengalir ke bak cuci sebelum mengembalikannya ke lokasi yang bagus, cerah tetapi tidak terlalu panas di rumahmu," ujarnya..

Anda juga sebaiknya menghindari meletakkan sukulen di dekat jendela yang terkena sinar matahari langsung karena dapat menghanguskan daunnya.

Cara Menyiram Sukulen di Luar Ruangan

Heinrich mengatakan Anda dapat menggunakan metode penyiraman yang sama seperti tanaman dalam ruangan jika Anda memiliki pot sukulen kecil di luar ruangan. Namun jika Anda memiliki pot yang besar dan berat dengan banyak tanah, Anda harus menyiraminya secara menyeluruh saat sudah kering, lalu membiarkannya mengering sebelum Anda menyiramnya lagi.

“Jika Anda menyiram tanaman sukulen yang ditanam di tanah, perhatikan seberapa lembap tanah sebelum Anda menyiram,” katanya.

Tanah berpasir lebih cepat kering daripada tanah liat yang berat, jadi waspadai seberapa cepat atau lambatnya tanah Anda mengering. Jika sering hujan, Anda mungkin tidak perlu menyirami tanaman sukulen yang ditanam di tanah.

Heinrich menambahkan bahwa di iklim gurun kering dengan sedikit atau bahkan tidak ada hujan sama sekali, Anda mungkin perlu menyirami sukulen setiap minggu. Dia juga menyarankan untuk memperhatikan kebutuhan air tanaman lain dan tidak menggabungkan sukulen dengan tanaman yang perlu disiram lebih sering.

Pilihan Editor: 7 Manfaat Tanaman di dalam Ruangan untuk Kesehatan Mental dan Fisik

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."