4 Kesalahan Umum Merawat Tanaman Dalam Ruangan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi rumah dengan dekorasi tanaman hijau. Unsplash.com/Luiz Cent

Ilustrasi rumah dengan dekorasi tanaman hijau. Unsplash.com/Luiz Cent

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mengapa tanaman saya mati? Pertanyaan yang pernah ditanyakan oleh siapa saja yang pernah mencoba merawat tanaman. Rasanya sakit melihat tanaman seperti bayi kita terkulai, melemah, atau lebih buruk, akhirnya mati.

Memilih jadwal perawatan yang tepat sangat penting untuk menjaga tanaman dalam ruangan tetap sehat. Selain itu, ada beberapa kesalahan umum yang mungkin tak disadari. Apa saja itu? Berikut empat kesalahan umum dalam merawat tanaman dalam ruangan.

1. Menyiram tanaman secara berlebihan

Semua tanaman memang membutuhkan banyak air, tetapi menyiram secara berlebihan bisa mencegah sebagian besar tanaman hias tumbuh subur. Jumlah dan waktu menyiram tanaman dalam ruangan sangat bervariasi, tergantung jenisnya. Selalu sirami tanah secara merata dan menyeluruh sampai lubang drainase tertutup.

2. Memeliharanya dengan cara yang sama seperti tanaman luar ruangan

Beda cara merawat tanaman dalam ruangan dengan tanaman luar ruangan. Periksa label pada tanaman dalam ruangan apa pun yang ingin dibeli. Kemudian, untuk memenuhi kebutuhannya, lakukan penelitian terhadap spesies tersebut.

3. Tidak mempertimbangkan jenis tanah

Setiap tanaman akan tumbuh subur dalam campuran tanah dan bahan-bahan tertentu. Tanaman dalam ruangan menerima jauh lebih sedikit sinar matahari dan penguapan jauh lebih lambat. Dalam situasi tersebut, tanah pot umum sering mempertahankan terlalu banyak kelembapan, jika tidak dikontrol dengan hati-hati, menyebabkan pembusukan akar dengan cepat.

Tanah yang gembur dan dikeringkan dengan baik diperlukan untuk tanaman dalam ruangan, terutama jika mereka terkena sinar matahari tidak langsung.

4. Mengingat semua tanaman membutuhkan banyak perawatan

Kesalahan terburuk yang kita semua lakukan dari waktu ke waktu adalah terlalu mengkhawatirkan tanaman Anda. Beberapa spesies yang kuat sebenarnya akan puas dengan sedikit perawatan. Sebenarnya banyak tanaman dalam ruangan yang perawatannya relatif rendah dan sulit mati. Kekhawatiran yang berlebihan dapat menyebabkan penyiraman berlebihan, stres dari pengaturan pergeseran, dan banyak masalah lainnya.

Baca juga: 7 Manfaat Tanaman di dalam Ruangan untuk Kesehatan Fisik dan Mental

PINK VILLA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."