7 Hal yang Tak Boleh Diucapkan pada Orang Depresi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi depresi. Shutterstock

Ilustrasi depresi. Shutterstock

IKLAN

3. "Ini akan menjadi lebih baik"

"Ketika seseorang berjuang dengan depresi, mereka biasanya tidak dapat melihat 'cahaya di ujung terowongan'," ungkap Dugan. Pernyataan "ini akan menjadi lebih baik" dapat memicu rasa putus asa, tidak berdaya, dan merasa kalah ketika mereka tidak dapat menemukan jalan keluar dari lubang gelap yang sedang mereka alami.

Mengatakan hal-hal tersebut juga memberikan tekanan pada seseorang untuk menjadi lebih baik, dan mereka mungkin merasa bersalah atau malu jika mereka tidak dapat melihat sisi baiknya.

"Ubahlah pernyataan kamu menjadi pernyataan yang membuat orang tersebut tahu bahwa kamu memahami rasa sakit dan kesulitan yang mereka alami, tapi sadarilah bahwa butuh waktu untuk sampai ke tempat yang lebih baik," jelas Dugan.

4. "Aku juga dalam situasi lebih buruk"

Meskipun kamu mencoba membuat mereka merasa lebih baik, namun menceritakan kamu sedang atau pernah berada dalam situasi yang lebih buruk adalah tindakan yang meremehkan. Bagi seseorang yang berjuang melawan depresi, bahkan berbicara dengan seseorang tentang hal itu adalah hal yang luar biasa, dan membutuhkan lebih banyak energi dan keberanian, jelas Dugan.

Membuat pernyataan yang malah membuat pertempuran yang mereka sedang hadapi menjadi semakin berat akan membuat orang tersebut merasa tidak aman ketika membuka diri tentang depresi mereka.

Sebagai teman atau anggota keluarga, penting untuk membuat mereka merasa didengar dan dipahami ketika mereka mengungkapkan apa yang mereka rasakan. Bahkan jika kamu mempunyai pemikiran yang akan memperburuk situasi mereka, simpanlah itu untuk diri kamu sendiri.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."