3 Cara Menjadi Morning Person, Simpel dan Mudah Diikuti

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita olahraga. Freepik.com/Wayhomestudio

Ilustrasi wanita olahraga. Freepik.com/Wayhomestudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika bangun dengan perasaan lesu, pening, dan sama sekali tidak siap menjalani hari, kamu mungkin tergoda untuk mengatakan bahwa kamu bukan morning person. Eits, jangan terburu-buru menyimpulkan. Karena menurut studi terbaru, tingkat kewaspadaan pagi kamu berada di bawah kendali kamu

Studi baru-baru ini, yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications, membalikkan apa yang selama ini kebanyakan dari kita pikirkan. Rupanya, menjadi orang yang lebih aktif di pagi hari atau morning person tidak ada hubungannya dengan gen. Sebaliknya, penelitian ini menunjukkan bahwa tiga faktor gaya hidup yang sebenarnya memengaruhi keadaan pikiran pagi

Para peneliti menganalisis data dari 833 orang dewasa selama dua minggu. Selama masa studi, para peserta mengenakan jam tidur dan pelacak aktivitas serta perangkat yang terus menerus mengukur kadar gula darah mereka sepanjang hari. Setiap pagi, peserta penelitian makan sarapan yang sama, tetapi rincian nutrisi dari makanan mereka berubah selama dua minggu.

Para peserta juga diminta untuk melacak asupan makanan dan kewaspadaan mereka pada skala 0 hingga 100 pada aplikasi yang dirancang khusus untuk penelitian ini. Studi ini melibatkan orang dewasa yang tidak terkait secara genetik, tetapi juga kembar dalam upaya untuk mengungkap apakah faktor genetik mungkin berperan.

Hasilnya mengungkapkan banyak tentang apa yang mungkin benar-benar berperan dalam hal grogi dan kelesuan di pagi hari. Tiga faktor secara positif memengaruhi kewaspadaan pagi lebih dari yang lain, yakni tidur lebih lama, makan sarapan tinggi karbohidrat kompleks tetapi rendah gula, dan berolahraga sehari sebelumnya.

Setelah menganalisis data dari semua makanan, tingkat aktivitas, dan catatan tidur yang berbeda, para peneliti mengasah tiga faktor ini sebagai yang paling penting. Menariknya, ketiga faktor tersebut memengaruhi kewaspadaan pagi secara mandiri, yang berarti melakukan salah satu dari tiga hal itu dapat membantu Anda mulai berlari di pagi hari, tidak peduli jadwal tidur alami Anda.

Studi tersebut memberi tahu kita bahwa banyak hal tentang apa yang benar-benar memengaruhi kemampuan kita untuk memulai hari dengan semangat. Untungnya, ketiga faktor di atas berada di bawah kendali kita. Jika ingin memaksimalkan kewaspadaan di pagi hari, berikut beberapa tipsnya.

3 Cara menjadi Morning Person

1. Tidur Lebih Lama

"Mengingat bahwa mayoritas individu dalam masyarakat tidak cukup tidur selama seminggu, tidur lebih lama pada hari tertentu dapat membantu menghapus beberapa utang kantuk adenosin yang mereka bawa," Matthew Walker, prrofesor ilmu saraf dan psikologi Berkeley, mengatakan dalam sebuah pernyataan, dikutip dari laman Mind Body Green, Rabu, 1 Februari 2023.

Jika Anda ingin bangun dan mulai berlari, bangun lebih awal dari biasanya mungkin bukan strategi terbaik untuk produktivitas di pagi hari. Strategi yang lebih baik mungkin tidur lebih lama dan memaksimalkan produktivitas kemudian.

Untuk mendapatkan tidur berkualitas tinggi, cobalah suplemen tidur yang dirancang untuk membantu Anda tidur lebih lama dan bangun lebih segar.

2. Olahraga

"Mungkin tidur yang lebih baik akibat olahraga adalah bagian dari alasan bahwa olahraga sehari sebelumnya, dengan membantu tidur malam itu, mengarah ke superior. kewaspadaan sepanjang hari berikutnya," jelas Raphael Vallat, penulis studi lainnya, dalam sebuah pernyataan.

3. Sarapan Karbohidrat Kompleks dan Protein Sedang

Studi menunjukkan bahwa dari semua sarapan yang diuji, sarapan kaya karbohidrat kompleks dan protein sedang menghasilkan kewaspadaan pagi terbaik dan kewaspadaan berkelanjutan sepanjang hari.

"Sarapan kaya karbohidrat dapat meningkatkan kewaspadaan, selama tubuh kamu sehat dan mampu membuang glukosa secara efisien dari makanan itu, mencegah lonjakan gula darah yang berkelanjutan yang menumpulkan kewaspadaan otak kamu," kata Vallat.

Beberapa karbohidrat kompleks yang baik termasuk buah, biji-bijian, ubi jalar, dan biji chia. 

Jika kamu tak bersemangat di pagi hari, ada tiga cara praktis untuk meningkatkan kewaspadaan kamu di pagi hari dengan tidur, berolahraga, dan sarapan sehat. Mengatur dan mengikuti jadwal tidur yang teratur juga merupakan kunci untuk tidur lebih nyenyak dan menjalani pagi hari yang lebih berenergi.

Baca juga: Tips Gaya Hidup Sehat bagi Kamu yang Sibuk Kerja, Jangan Abaikan Gizi Seimbang

MIND BODY GREEN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."