Cara Membuat Poached Egg di Microwave, Kurang dari 3 Menit Termasuk Persiapan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Poached egg. Foto: Unsplash.com/David B Townsend

Poached egg. Foto: Unsplash.com/David B Townsend

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Telur rebus tanpa kulit atau poached egg salah satu menu sarapan favorit sejumlah orang. Ada beragam tips mudah untuk membuat poached egg yang sempurna. Contohnya, menambahkan cuka ke air yang baru mendidih, gerakan memutar, menyaring, hingga mengasinkan. Satu lagi tambahannya, cara membuat poached egg di microwave.

Cara ini hanya membutuhkan waktu kurang dari tiga menit termasuk persiapan bahan dan alat. Cocok bagi yang sedang terburu-buru dan tetap memperhatikan asupan gizi mengawali hari. Sebagai informasi, telur berukuran besar bekerja paling baik di teknik ini, meski ukuran apa pun dapat digunakan.

Yuk, Simak Cara Membuat Poached Egg di Microwave

1. Isi cangkir 8 ons dengan air ledeng, sisakan ruang sekitar 1 inci di bagian atas.

2. Pecahkan sebutir telur ke dalam cangkir berisi air. Gunakan tusuk gigi untuk melubangi kuning telur dengan cepat, agar tidak meledak di dalam microwave. Kuning telur harus tetap utuh, dan tidak bocor sama sekali.

3. Masukkan mug ke dalam microwave selama satu menit. Gunakan sendok untuk mengeluarkan telur dari air, dan letakkan di atas tisu atau sajikan segera.

4. Jika putih telur Anda tidak sepenuhnya matang setelah satu menit, diamkan telur di dalam mug panas berisi air selama 30 detik. Jika masih belum sepenuhnya matang, microwave lagi dalam interval 10 detik.

Poached egg dengan microwave menghasilkan kuning telur yang sedikit encer. Jika Anda lebih suka kuning telur lebih padat dan matang, biarkan saja telur di dalam air hangat selama beberapa detik lagi agar bisa mengeras.

Saat Anda sudah terbiasa dengan metode merebus telur dengan microwave ini, jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai bentuk mug. Mug yang lebih lebar menghasilkan telur rebus yang lebih rata (sempurna untuk melengkapi muffin atau roti panggang Inggris), sementara mug yang lebih ramping dapat menghasilkan telur rebus bulat yang lebih tradisional. Anda juga bisa menambahkan mentega cabai dan yogurt, atau taruh di atas roti panggang gurih.

Tertarik untuk bikin poached egg di microwave?

Baca juga: Masak Telur Rebus Ada Ilmunya, Baca Tips Merebus Telur yang Benar

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."