6 Cara Membersihkan Microwave, Air dan Cuka Putih Berperan Penting

Ilustrasi microwave. Wisegeek.com

ragam

6 Cara Membersihkan Microwave, Air dan Cuka Putih Berperan Penting

Senin, 1 Agustus 2022 11:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JakartaMicrowave salah satu alat yang populer di dapur. Microwave sering digunakan sepanjang waktu untuk memanaskan makanan seperti spageti, burger, pizza hingga taco. Oleh karena itu, usahakan untuk membersihkan microwave Anda sekali sebulan dan bersihkan bagian luarnya setiap kali Anda mengelap meja. Jika Anda melihat noda atau bau yang timbul, maka tingkatkan frekuensi membersihkannya.

"Microwave biasanya memiliki umur sekitar 5 - 10 tahun tergantung pada kualitas perawatan," kata Vera Peterson, ahli kebersihan dan presiden Molly Maid, sebuah perusahaan Neighbourly.

"Pembersihan secara teratur juga membantu microwave Anda tetap dalam kondisi kerja terbaiknya."

Berikut bahan dan alat yang dibutuhkan serta langkah-langkah membersihkan microwave.

Bahan dan alat untuk membersihkan microwave

1. Botol semprotan

2. Mangkuk kaca yang aman untuk microwave

3. Cuka putih suling (atau lemon)

4. Minyak esensial (opsional)

5. Tusuk gigi atau sendok kayu

6. Potholder atau sarung tangan oven

7. Sabun cuci piring penghancur lemak

8. Spons atau scrubber

9. Kain bebas serat

10. Pembersih dapur serbaguna (opsional)

Langkah-langkah membersihkan microwave

1. Semprot noda dan tumpahan

Seperti saat Anda membersihkan pakaian sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci, ada gunanya menyemprotkan noda dan tumpahan yang berat dan membandel di microwave Anda. Noell Jett, pakar rumah mengatakan bisa memakai larutan air dan cuka putih.

2. Isi mangkuk tahan microwave dengan air dan cuka

Isi mangkuk tahan microwave dengan dua cangkir air dan dua sendok makan cuka. Bahkan dapat menambahkan satu atau dua tetes minyak esensial untuk momen aromaterapi. Jika Anda tidak memiliki cuka, Peterson merekomendasikan untuk menggantinya dengan jus lemon segar.

Tambahkan sendok kayu kecil ke mangkuk atau masukkan tusuk gigi ke dalam larutan. Ini akan memungkinkan gelembung terbentuk di kayu saat air memanas, mencegah air menjadi terlalu panas, dan "meledak" hingga mendidih.

3. Tutup microwave selama tiga menit

Tutup pintu microwave dengan suhu tinggi selama tiga menit, lalu biarkan semuanya diatur selama 15 menit lagi tanpa membuka pintu. Waktu tunggu ini memungkinkan microwave menjadi lebih beruap, yang membantu menghilangkan noda yang menempel.

Keluarkan mangkuk dan meja putar. Menggunakan potholder atau sarung tangan oven untuk melindungi tangan Anda, keluarkan mangkuk dengan hati-hati dari microwave dan sisihkan selama beberapa waktu. Lepaskan juga baki meja putar sehingga Anda dapat mencucinya di wastafel.

4. Bersihkan bagian dalam microwave

Basahi kain microfiber bersih dengan campuran cuka dan bersihkan bagian dalam microwave. Sebagian besar kotoran akan langsung terlepas, tetapi jika Anda memiliki noda membandel atau celah yang sulit dijangkau, maka Jett menyarankan untuk menggunakan alat penggosok anti gores.

5. Bersihkan meja putar microwave

Bersihkan meja putar microwave dengan sabun cuci piring, air panas, dan spons. Keringkan dengan handuk bersih dan masukkan kembali ke dalam microwave bersih Anda.

6. Bersihkan bagian luar microwave

Semprotkan pembersih serba guna ke kain bersih dan bersihkan bagian luarnya, jangan pernah menyemprotkan langsung ke panel kontrol. Peterson menambahkan, "Untuk peralatan baja tahan karat, celupkan kain ke dalam air dan cairan pencuci piring, peras, lalu bersihkan dengan biji-bijian." Jangan lupa untuk mengusap panel kontrol, samping, atas, dan bawah.

Cara Menjaga Microwave Anda Bersih Lebih Lama

1. Gunakan penutup makanan

Pencegahan adalah kunci menjaga kebersihan microwave. Sebelum menyalakan microwave, letakkan penutup makanan yang aman untuk microwave atau handuk kertas di atas makanan apa pun yang bisa memercik.

2. Segera bersihkan tumpahan

Tumpahan baru jauh lebih mudah dibersihkan dibandingkan dengan kotoran yang dipanggang. "Jika tumpahan baru terjadi, sebagian besar dapat dihilangkan dengan sabun dan air hangat atau dengan pembersih yang diformulasikan untuk oven microwave," kata Peterson.

3. Gunakan piring khusus microwave

Selalu gunakan piring tahan microwave di microwave Anda. Beberapa bahan dapat meleleh atau terbakar, yang menyebabkan kebakaran. Piring harus bertuliskan "aman untuk microwave" di bagian bawah (atau pada kemasan aslinya) dan tidak boleh terlalu panas saat digunakan.

4. Ikuti waktu memasak

Salah satu penyebab paling umum dari kekacauan microwave adalah makanan yang terlalu matang. Untuk mencegah hal ini terjadi, selalu ikuti waktu memasak yang disarankan. Menurunkan pengaturan daya juga dapat mencegah makanan menjadi terlalu panas.

5. Bersihkan secara rutin

Sekali lagi, lakukan pembersihan mendalam sekali sebulan pada microwave Anda agar tetap berkilau!

Baca juga: Kiat Membersihkan Microwave dengan Jeruk Nipis dan Baking Soda

REAL SIMPLE