Tips Memasak Pasta Pakai Microwave, Perhatikan Waktu dan Volume Air

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi aneka pasta. Freepik.com/Azerbaijan_stokers

Ilustrasi aneka pasta. Freepik.com/Azerbaijan_stokers

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Meskipun pasta adalah pilihan makanan cepat saji, perlu waktu beberapa saat untuk merebus air, memasak mie, mengeringkannya, dan menyatukan semuanya. Dan jika Anda tidak memiliki kompor atau panci bersih, keinginan makan pasta mungkin harus menunggu.

Meskipun teksturnya bukan cara yang ideal untuk memasak pasta, pasta pasti bisa dimasak dalam microwave. Yang Anda perlukan hanyalah wadah atau mangkuk besar tahan microwave, air, sedikit garam, dan pasta pilihan Anda. Berikut tips memasak pasta dalam microwave untuk santapan mudah dan cepat.

Tips Memasak Pasta di Microwave

Mulailah dengan memilih mangkuk yang cukup besar untuk menampung jumlah pasta yang ingin Anda masak, ditambah setidaknya dua inci air di atas pasta. Juga harus ada ruang kosong di bagian atas mangkuk untuk mencegah meluap. Pasta akan tumbuh seiring dimasak, jadi Anda memerlukan ruang untuk menampung pasta yang sudah matang.

Berikut resep memasak pasta pakai microwave

1. Tambahkan pasta ke dalam mangkuk.
2. Tambahkan air keran ke dalam pasta, hingga menutupi mie setidaknya dua inci. Tambahkan sejumput garam, lalu aduk.
3. Panaskan pasta di microwave dengan kekuatan penuh selama waktu yang ditentukan pada kotak, ditambah dua menit. Jeda proses memasak di tengah proses untuk mengaduk pasta dan memastikan pasta tidak lengket. Jika pasta tampak lengket, terus jeda setiap 1-2 menit dan aduk.
4. Jika waktunya habis, keluarkan sepotong pasta, bilas dengan air keran dan uji kematangannya. 5. Jika pasta membutuhkan waktu lebih lama, masak dengan interval 30 detik.
6. Saat pasta sudah matang sepenuhnya, gunakan saringan untuk mengalirkannya ke wastafel. Pasta siap untuk ditaburi saus tomat, saus daging, pesto, mentega, atau apa pun yang Anda suka!

Berapa Lama Memasak Pasta di Microwave

Sama seperti pasta yang direbus, pasta yang dimasak dengan microwave memerlukan waktu memasak yang berbeda untuk bentuk yang berbeda. Kekuatan microwave Anda juga akan memengaruhi waktu memasak. Mie yang lebih tipis akan matang lebih cepat, namun juga berisiko terlalu matang dan menjadi lembek. Periksalah dan aduk pasta setiap 30 detik untuk memastikan masakannya enak.

Kebanyakan pasta dapat dimasukkan ke dalam microwave sesuai dengan waktu memasak di kotaknya, dengan tambahan satu atau dua menit di akhir. Misalnya spageti yang disarankan dimasak selama 9-11 menit di atas kompor akan memakan waktu 11-13 menit di microwave. Penne atau rotini, yang waktu masaknya disarankan 11-13 menit, akan memakan waktu 15 menit atau sedikit lebih lama.

Pasta segar, seperti tagliatelle segar, ravioli, atau tortellini, hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk dipanaskan dalam microwave. Anda bisa memasaknya dengan air dan tiriskan, atau cukup mencampurkannya dengan saus pilihan Anda, sedikit air tambahan (mulai dengan sekitar ¼ gelas) dan microwave dalam interval satu menit.

Pasta Siap Saji 

Jika Anda terbiasa memasak pasta dengan microwave, Anda mungkin ingin menyiapkan dapur Anda untuk pasta yang dirancang untuk microwave. Dan ya, itu lebih dari sekadar spageti kalengan serta keju yang bisa dimasak di microwave.

Pasta Barilla sudah dimasak setengah matang, dan disegel dengan aman di dalam kantong yang stabil di rak, sehingga Anda dapat memasukkannya ke dalam microwave di dalam kantong berventilasi hanya selama 60 detik dan kemudian menuangkannya dengan saus atau topping apa pun yang Anda inginkan.

Anda juga bisa memasak pasta sendiri secara setengah matang (cukup rebus 2 menit kurang dari petunjuk kemasan), bilas untuk menghentikan proses memasak, dan lumuri sedikit dengan minyak zaitun. Bekukan selama satu jam di atas loyang dan simpan dalam wadah penyimpanan makanan kedap udara hingga tiga bulan untuk mendapatkan pasta cepat yang bisa dimasak di microwave dalam keadaan darurat. Untuk memanaskannya kembali, tambahkan es batu untuk menghasilkan uap dan menambah kesegaran pada mi.

Pilihan Editor: Cara Membuat Poached Egg di Microwave, Kurang dari 3 Menit Termasuk Persiapan

REAL SIMPLE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."