Resep Poached Egg untuk Menu Sarapan Sehat Tanpa Minyak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi telur ceplok. Pexels.com

Ilustrasi telur ceplok. Pexels.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada rencana memasak apa untuk sarapan pagi ini? Salah satu menu sarapan yang simpel dan bisa dikreasikan menjadi beragam menu ialah telur. Jika Anda menyukai telur setengah matang, Anda bisa membuat poached egg atau telur ceplok rebus sebagai salah satu varian menu sarapan.

Poached egg menjadi cara memasak telur yang sehat karena tidak memakai minyak seperti halnya dadar atau orak-arik. Cara membuatnya direbus tanpa kulitnya di dalam air, sehingga bisa meminimalisasi jumlah asupan kalori saat sarapan.

Anda bisa menyajikannya di atas sayuran hijau, roti gandum dan buah seperti alpukat dengan varian topping bumbu favorit Anda atau keluarga.

Anda juga dapat menggunakannya untuk membuat salad Prancis lyonnaise, mencampurnya dalam saus hollandaise dalam kreasi resep eggs benedict atau menjadi sangat sehat dan sajikan di atas sayuran tumis.

Telur ceplok rebus juga bisa disajikan di atas bayam yang dimasak, mi panas, atau nasi. Taburkan keju parut, saus krim rasa kari, mustard atau bawang, atau saus tomat. Potongan muffin Inggris, roti panggang, cangkang pastry, atau jamur portobello juga dapat digunakan sebagai teman menyantap telur.

Berikut tips membuat poached egg yang pas kuningnya setengah matang, set dan kulit telur putih halus seperti dilansir dari laman Food Network.

1. Panaskan air dalam panci

2. Tambahkan 1 sendok teh garam dan 2 sendok teh cuka putih dan didihkan dengan api sedang. Fungsi penambahan cuka membantu bentuk telur agar lebih sempurna dan halus.

3. Pecahkan 1 telur besar ke dalam cangkir puding atau ramekin kecil.

4. Gunakan pegangan spatula atau sendok untuk dengan cepat mengaduk air dalam satu arah sampai semuanya berputar dengan lancar.

4. Gunakan metode pusaran air ini saat merebus satu porsi (satu atau dua telur). Untuk wadah yang lebih besar, panaskan air, garam, dan cuka dalam wajan antilengket 12 inci dan jangan diaduk.

5. Taruh telur dengan hati-hati ke tengah pusaran air. Air yang berputar-putar akan membantu mencegah putih mekar atau menyebar di wajan.

6. Matikan api, tutup panci dan atur timer Anda selama 5 menit. Jangan mengintip, menusuk, dan mengaduk dengan cara apapun

7. Angkat, keluarkan telur dengan sendok berlubang dan sajikan segera. Anda juga bisa menyimpan telur ke lemari es dan dinginkan hingga 8 jam. Panaskan kembali dengan air hangat sesaat sebelum disajikan.

Pilihan Editor: Cara Membuat Poached Egg di Microwave, Kurang dari 3 Menit Termasuk Persiapan

MILA NOVITA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."