Tips Hangatkan Makanan Agar Tetap Enak dan Aman Dikonsumsi, Hindari Wadah Plastik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi memasukkan makanan ke dalam oven. Freepik.com

Ilustrasi memasukkan makanan ke dalam oven. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tidak sedikit orang yang sengaja memasak makanan dalam jumlah besar, baik untuk memberi makan anggota keluarga yang banyak atau untuk kepraktisan. Dengan cara ini, masakan dapat dijadikan menu untuk berbagai waktu makan, mulai dari sarapan, makan siang, hingga makan malam, hanya dengan satu kali proses memasak. 

Namun, kebiasaan ini seringkali menghasilkan makanan bersisa yang disimpan untuk dipanaskan dan dikonsumsi kembali di kemudian hari, daripada membuangnya yang akan menjadi pemborosan. Penting untuk memperhatikan beberapa hal saat menyimpan makanan untuk dipanaskan ulang, terutama agar makanan tetap aman dan tidak terkontaminasi oleh bakteri berbahaya. 

Beberapa makanan juga sebaiknya tidak dipanaskan ulang, seperti berbagai jenis sayuran. Proses pemanasan makanan dapat dilakukan menggunakan kompor atau microwave. Berikut adalah tips hangatkan makanan agar tetap enak dan aman dikonsumsi.

1. Hangatkan hanya sekali

Jika ingin menghangatkan makanan menggunakan kompor, disarankan menggunakan api sedang agar makanan cepat panas tanpa mudah gosong. 

2. Gunakan api sedang

Menghangatkan makanan lebih dari sekali sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan hilangnya nutrisi dan bahkan membuat makanan menjadi beracun. Oleh karena itu, disarankan untuk segera menghabiskan makanan setelah dipanaskan satu kali.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."