Masak Telur Rebus Ada Ilmunya, Baca Tips Merebus Telur yang Benar

Ilustrasi telur bebek. pixabay.com/maloneyce

kuliner

Masak Telur Rebus Ada Ilmunya, Baca Tips Merebus Telur yang Benar

Minggu, 29 Maret 2020 19:46 WIB
Reporter : Mila Novita Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Telur rebus merupakan salah satu makanan yang biasa disantap sehari-hari. Kendati proses memasaknya terlihat mudah, tinggal memasukkan telur ke dalam air di panci kemudian dipanaskan dan tunggu sampai mendidih, ternyata memasak telur rebus tak segampang yang dikira.

Perlu ilmu untuk mendapatkan telur rebus yang matang sempurna dan mudah dikupas. Juru masak Nick Korbee, koki mitra Egg Shop, mengatakan cara merebus telur yang keliru akan terlihat dan terasa dengan jelas. Dari penampilan, metode merebus telur yang salah akan tampak dari munculnya garis atau cincin abu-abu di cangkang telur.

Kesalahan kedua adalah kesulitan saat mengupas telur dari cangkang dan selaput kulitnya. Lantas bagaimana cara merebus telur yang benar?

"Kesalahan paling umum saat merebus telur adalah membuatnya retak saat menempatkannya di panci," kata Nick Korbee seperti dikutip dari HuffPost. Kekeliruan berikutnya adalah merebus telur terlalu lama dan tidak melakukan trik khusus supaya cangkang telur mudah dilepas.

Ilustrasi telur. Sumber: iStock/foxnews.com

Nick Korbee menjelaskan, ada banyak metode merebus telur. Beberapa juru masak merebus telur dengan cara meletakkan telur pada air dingin di panci atau langsung memasukkannya saat air sudah mendidih. Apapun prosedurnya, pastikan permukaan cangkang telur yang direbus tidak retak apalagi pecah saat dimasak.

Kemudian soal pengaturan waktu. Nick Korbee mengatakan masa merebus telur bisa di kisaran 10 sampai 12 menit dalam air mendidih untuk telur yang dari awal dimasukkan di air dingin. Untuk telur yang dimasukkan saat air sudah mendidih, cukup direbus selama 8,5 sampai 13 menit.

Yang penting, dia melanjutkan, jangan memasukkan telur yang baru dikeluarkan dari lemari es ke dalam air mendidih, supaya tidak memicu keretakan pada cangkang karena perbedaan suhu yang cukup tajam. Sebab itu, telur yang hendak dimasak sebaiknya didiamkan dulu agar sesuai dengan suhu ruang.

Setelah telur matang, segera masukkan ke dalam air dingin. Tujuannya, memudahkan saat mengupas cangkang telur.

Ilustrasi telur rebus (Pixabay.com)

Penulis buku masak Eggs on Top: Recipes Elevated by an Egg yang juga penata makanan, Andrea Slonecker mengatakan, durasi memasak telur juga tergantung dari sedikit banyaknya telur yang ada di dalam panci. "Semakin banyak telur yang Anda masak, semakin banyak air yang diperlukan dan durasi untuk menaikkan suhu," kata dia.

Andrea Slonecker menambahkan satu tips lagi. Yakni, tidak memasukkan telur ke dalam panci yang airnya sudah mendidih dan berisi banyak telur agar tidak terjadi tumbukan antar-telur atau telur dengan dinding panci guna menghindari keretakan cangkang.