7 Manfaat Kesehatan Konsumsi Telur Rebus, Bantu Turunkan Kolesterol

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Telur rebus dengan taburan bubuk cabai. Unsplash.com/Anton Nikolov

Telur rebus dengan taburan bubuk cabai. Unsplash.com/Anton Nikolov

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Olahan sederhana telur rebus disamping nikmat dan mudah dibuat, juga kaya akan manfaat. Protein dalam telur tidak dapat diragukan lagi, namun, cara memasak dengan merebus telur ternyata membuat protein dalam telur mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. 

Protein ini mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Selain itu, protein dalam telur juga penting dalam pembangunan massa otot tanpa lemak.

Dilansir dari medicinenet dan cookinglight, berikut manfaat dari mengonsumsi telur rebus: 

1. Menjaga kesehatan otak 

Kandungan yang ada dalam telur rebus tidak hanya protein, tetapi juga kaya akan vitamin, mineral, lemak tak jenuh, serta antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi otak. Tidak heran jika manfaat mengonsumsi telur rebus salah satunya adalah menjaga kesehatan otak. 

2. Membantu menurunkan tekanan darah juga kolesterol 

Banyak orang mempercayai kolesterol dalam telur dapat membahayakan jantung dan menganggap jika mengonsumsi telur dalam jumlah banyak tidak bagus untuk kesehatan. Sebaliknya, mengonsumsi telur dalam jumlah banyak justru baik untuk kesehatan jantung ataupun pembuluh darah, terlebih jika diolah dengan cara direbus. 

Karena telur rebus mengandung antioksidan, potasium dan kolesterol baik yang berguna untuk mengelola tekanan darah dan kadar kolesterol serta menjaga kesehatan jantung.

3. Mengurangi risiko penyakit kronis 

Telur mengandung banyak vitamin D, lebih dari 10 persen kebutuhan vitamin D tubuh saat musim dingin dapat dipenuhi oleh satu butir telur. Vitamin inilah yang membuat mengonsumsi telur dapat mengurangi risiko beberapa penyakit kronis seperti kanker juga diabetes tipe 2. Mengapa? Karena vitamin D yang mempengaruhi penyerapan kalsium, dan berpengaruh pula pada kesehatan gigi dan tulang. 

4. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah 

Telur mengandung vitamin B yang dapat membantu menjaga metabolisme tubuh. Selain itu, vitamin b12 juga sangat penting dalam pembentukan sel darah merah juga fungsi sistem saraf pusat.

Meningkatkan kesehatan mata Kandungan zeaxanthin, Lutein dan selenium dapat melindungi mata dari kerusakan yang bersifat oksidatif. Hal ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit seperti katarak serta degenerasi makula. 

6. Memperbaiki Kulit, Kuku dan Rambut 

Beberapa kandungan dalam telur dapat memperbaiki kerusakan kulit, kuku serta rambut. Kandungan itu seperti vitamin, mineral lemak baik dan juga yang paling fenomenal dalam kandungan telur, yaitu protein. 

7. Meningkatkan Kesehatan Mental 

Siapa sangka, olahan sederhana telur rebus dapat meningkatkan kesehatan mental. Hal ini karena telur rebus yang kaya akan asam amino esensial, vitamin B, zat besi dan juga Kolin yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mental.  

Baca: 6 Tips Mengupas Telur Rebus Agar Lebih Mudah dan Tak Gampang Robek

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."