Perlukah Mencuci Daging Ayam sebelum Dimasak?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi daging ayam mentah. Foto: Freepik/azerbaijan_stockers

Ilustrasi daging ayam mentah. Foto: Freepik/azerbaijan_stockers

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kita sudah kerap mendengar anjuran para pakar kesehatan untuk mencuci bahan-bahan segar di bawah air mengalir sebelum di masak. Tujuannya untuk membersihkan dari kuman dan bakteri di bahan tersebut. Bagaimana dengan daging ayam, perlukah mencuci daging ayam sebelum dimasak? Ternyata jawabannya tidak perlu.

Menurut Kelly Johnson-Arbor, ahli toksikologi medis dan co-medical director di National Capital Poison Center, sebenarnya mencuci ayam sebelum dimasak justru dapat meningkatkan risiko kontaminasi silang dan penyebaran penyakit bawaan makanan. Mengapa? Itu adalah pekerjaan yang tidak perlu dan tidak disarankan menurut pedoman keamanan pangan.

“Saat menyiapkan ayam, kalkun, atau produk daging lainnya untuk dimasak, penting untuk diingat bahwa mencuci dan membilas belum terbukti efektif menghilangkan bakteri dan kuman lain dari daging,” kata Dr. Johnson-Arbor.

Sebaliknya, hal itu dapat menyebabkan perpindahan bakteri dan kuman ke permukaan. “Penting untuk diingat bahwa proses mencuci unggas dapat menyebabkan perpindahan kuman secara tidak sengaja—dan seringkali mikroskopis—dari ayam mentah ke makanan lain atau peralatan memasak, serta ke wastafel, meja dapur, atau permukaan lain di dapur, sebuah proses yang dikenal sebagai 'kontaminasi silang,'” sambungnya.

Bahaya Kontaminasi Silang

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), kontaminasi silang adalah perpindahan bakteri berbahaya ke makanan dari makanan lain, talenan, dan peralatan jika tidak ditangani dengan benar. Menghindarinya sangat penting saat menangani makanan yang sangat mudah rusak seperti daging mentah, unggas, telur, dan makanan laut yang rentan menyebabkan penyakit bawaan makanan. itulah sebabnya jauhkan makanan ini (dan jusnya) dari makanan siap saji atau siap saji. dan produk segar sangat diperlukan.

Saat menangani daging ayam mentah, penelitian menunjukkan bahwa kontaminasi silang sangat mungkin terjadi jika dicuci.

“Dalam satu penelitian terhadap orang yang mencuci unggas mentah, 60 persen memiliki bakteri di bak cuci setelah mencuci atau membilas daging. Bahkan ketika orang mencoba untuk membersihkan bak cuci setelah mencuci unggas, 14 persen dari orang-orang ini masih memiliki bakteri di bak cuci,” kata Dr. Johnson-Arbor, yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

“Bakteri sisa ini dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan yang serius, termasuk infeksi Salmonella dan Campylobacter. Karena risiko kontaminasi silang dan penyakit bawaan makanan, Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) dan Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan agar orang tidak membilas atau mencuci daging atau unggas selama penyiapan makanan.”

Cara Membersihkan Daging Ayam

Lantas, seperti apa cara membersihkan daging ayam yang tepat dan aman karena tidak disarankan untuk mencucinya?

“Jika kamu ingin menghilangkan darah, lendir, atau produk lain yang tidak diinginkan dari unggas mentah, jangan mencuci atau membilas dagingnya. Sebagai gantinya, oleskan area yang terkena dengan lembut dengan tisu basah untuk mengangkat zat yang tidak diinginkan, ”katanya.

Selanjutnya, dia menekankan bahwa penting untuk mencuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik setelah menangani unggas mentah.

Bila kamu memiliki kekhawatiran atau pertanyaan tentang penyakit bawaan makanan atau jika seseorang mengembangkan tanda atau gejala yang tidak diinginkan atau tidak terduga yang dianggap berasal dari keracunan makanan setelah menangani daging ayam, Dr. Johnson-Arbor merekomendasikan untuk menghubungi pengawas racun untuk mendapatkan nasihat ahli.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."