Food Preparation ala Chef Stefani Horison, Pisahkan Daging Ayam dengan Bahan Masakan Lain

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi food preparation. Halodoc

Ilustrasi food preparation. Halodoc

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu kendala bagi pemasak pemula dan sibuk di luar ialah bagaimana menyiapkan menu sehari-hari agar tidak memakan waktu banyak saat memasak. Oleh sebab itu diperlukan yang namanya food preparation atau menyiapkan bahan makanan. 

Food preparation didefinisikan sebagai tindakan yang dilakukan untuk memastikan makanan aman untuk dikonsumsi atau memiliki rasa yang tidak berubah.  Food preparation sendiri mengacu pada proses memperoleh bahan mentah dan membuatnya siap untuk dikonsumsi. 

Chef Stefani Horison membagikan tips food preparation yang bisa Sahabat Cantika jadikan panduan. Jebolan MasterChef Indonesia ini mengatakan langkah pertama ialah saat memasuki hari Minggu saatnya membuat tabel makanan yang berbeda setiap harinya agar menu yang disajikan bervariasi. 

"Misalnya, kita mau masak ayam, daging, atau ikan misalnya. Lalu tentukan juga protein dan sayurannya mau pilih apa saja. Berganti-ganti agar tidak bosan, ya, semacam permainan tekstur yang berbeda setiap hari. Misal ahri ini masak berkuah, besoknya tumisan begitu pula dengan protinnya," ucap Chef Fani usai ditemui di acara peluncurkan Bumbu Kaldu Sedaap di Jakarta, Selasa, 5 Desember 2023. 

Chef Stefani Horison saat ditemui di acara Konferensi Pers Peluncuran Bumbu Kaldu Sedaap di Jakarta, Selasa, 5 Desember 2023/Foto: CANTIKA/Ecka Pramita

Perlu diketahui, jika Anda ingin menyimpan daging ayam Chef Fani menyarankan untuk dipisah dengan bahan makanan lainnya. "Jadi penyimpanan daging ayam itu tidak boleh disatukan dengan daging sapi atau ikan, karena dalam daging ayam ada bakteri salmonella yang harus dipisah," saran Chef Fabi. 

Perhatikan juga jumlah bahan makanan agar tidak berlebihan dan dimasak sesuai dengan porsinya. "Kadang, kan, kita suka banyak belanja tetapi ya enggak semua juga akan dimasak dalam waktu dekat, misal kita hanya butuh 500 gram belinya dua kilogram. Itulah pentingnya menyiapkan bahan makanan," ungkap Brand Ambassador bumbu masak ini. 

Pilihan Editor: 7 Jenis Bahan yang Termasuk Food Preparation, Ada Bawang dan Saus

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."