Tips Memanggang Dada Ayam Agar Juicy, Beraroma, dan Bumbunya Meresep Sempurna

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi ayam panggang. Freepik.com/Valeria_Aksakova

Ilustrasi ayam panggang. Freepik.com/Valeria_Aksakova

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Meskipun Anda benar-benar bisa memanggang ayam utuh, Anda juga bisa membeli dan memanggang bagian-bagiannya secara terpisah. Misalnya, dada ayam dapat ditemukan hampir di mana-mana, dan waktu memasaknya lebih singkat dibandingkan ayam utuh. Karena dada ayam cukup kurus, dada ayam bisa menjadi kering dan berserabut jika dimasak terlalu lama, jadi penting untuk mengawasinya. 

Tips Memanggang Dada Ayam

Rendah dan lambat adalah sebuah pilihan, tapi kami lebih suka panas dan cepat saat memasak dada ayam. Dengan metode panas dan cepat, bagian luarnya menjadi berwarna keemasan dan mengilap, sedangkan bagian dalamnya tetap berair. Penting untuk mengistirahatkan daging ayam saat keluar dari oven, agar sarinya menyebar kembali, sehingga menghasilkan tekstur yang lebih empuk.

Panaskan oven hingga 450 derajat

Tempatkan dada ayam dalam loyang, dan olesi seluruhnya dengan minyak zaitun. Taburi dengan garam, merica, dan bumbu lain yang Anda suka. Tambahkan aromatik seperti irisan lemon dan tangkai thyme ke dalam loyang.

Masak dada ayam tanpa tulang selama 15-20 menit, atau sampai sarinya bening saat ditusuk dengan pisau dan termometer instan menunjukkan 165 derajat. Dada ayam dengan tulang membutuhkan waktu 30-35 menit untuk matang. Keluarkan dari oven, tutupi dengan aluminium foil, dan diamkan selama 10-15 menit sebelum diolah.

Cara Membumbui Dada Ayam Panggang

Untuk bumbu dada ayam, pilihlah sedikit lemak diikuti dengan bumbu pilihan Anda. Metode pilihan kami adalah memulai dengan mengolesi ayam dengan lemak, seperti minyak zaitun atau kombinasi mentega dan minyak zaitun, untuk mendorong terjadinya kecoklatan. Tambahkan bahan aromatik seperti herba kuat (yaitu rosemary dan thyme), potongan bawang bombay, siung bawang putih yang dihancurkan, dan irisan lemon ke dalam loyang berisi ayam. Selalu bumbui dada ayam dengan banyak garam, dan mainkan dengan bumbu lain sesuai keinginan.

Berapa Lama Memanggang Dada Ayam di Oven

Dalam oven bersuhu 450 derajat, dada ayam tanpa tulang matang dalam waktu sekitar 15-20 menit, tergantung ukurannya, dan dada ayam dengan tulang matang dalam waktu sekitar 30-35 menit, tergantung ukurannya. Anda akan mengetahui bahwa dada ayam Anda sudah matang ketika sarinya menjadi bening dan termometer yang dimasukkan ke bagian dada yang paling tebal menunjukkan angka 165 derajat.

Pilihan Editor:  4 Tips Memasak Dada Ayam ala Koki, Tambahkan Air Garam

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."