Berapa Lama Daging Ayam Bisa Disimpan di Kulkas?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi daging ayam mentah. Foto: Freepik/azerbaijan_stockers

Ilustrasi daging ayam mentah. Foto: Freepik/azerbaijan_stockers

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tips kuliner kali ini, kita membahas seberapa lama daging ayam bisa disimpan di kulkas. Untuk memperpanjang usia simpan daging ayam, pemilihan ayam segar turut berperan penting, Sahabat Cantika.

Kunci membeli daging ayam segar adalah yang montok dan kenyal. Ayam segar akan memiliki daging merah muda dengan lemak putih atau kuning. Jika terlihat pucat atau abu-abu, itu adalah pertanda buruk.

Periksa kemasannya saat Anda membeli. Anda tidak ingin itu diisi dengan udara (alias kemasan kembung), dan Anda tidak ingin memilih daging ayam yang paling dekat dengan tanggal kedaluwarsanya. Anda juga dapat mencari label seperti free-range dan organic, jika Anda mau.

Lantas, berapa lama daging ayam tetap segar di lemari es sebelum tidak aman untuk dimakan? Yuk, kita simak.

Berapa Lama Daging Ayam Mentah Dapat Disimpan di Kulkas?

Ayam mentah sangat mudah rusak, bahkan di dalam kulkas. Anda dapat menyimpan daging ayam mentah di kulkas paling lama satu hingga dua hari, menurut FoodSafety.gov. Tanggal "terbaik jika digunakan sebelum" yang tercetak pada kemasan adalah untuk tujuan jaminan kualitas, jadi Anda hanya boleh makan ayam mentah dalam satu atau dua hari, meskipun tanggal kedaluwarsanya belum lewat.

Jika Anda membeli daging ayam mentah di supermarket, rencanakan untuk memasaknya malam itu atau keesokan harinya. Ini berlaku untuk daging ayam utuh, atau berbagai potongan seperti dada ayam, paha, dan stik drum. Ini juga berlaku untuk daging kalkun mentah.

Setelah dua hari berlalu, Anda mungkin bertanya-tanya apakah daging ayam mentah Anda yang didinginkan sudah rusak. Pada saat itu, Departemen Pertanian Amerika Serikat atau USDA akan merekomendasikan untuk membuangnya agar aman.

Anda dapat mengidentifikasi daging ayam busuk dengan mencium dan melihatnya. Daging ayam busuk memiliki bau yang mencolok dan tidak sedap, dan mungkin tampak berlendir. Perubahan warna, seperti menjadi abu-abu atau hijau, juga merupakan tanda bahwa daging ayam sudah busuk. Jika ragu, buang saja.

Jika Anda takut daging ayam Anda akan membusuk sebelum Anda sempat menggunakannya, membekukannya adalah pilihan. Seekor daging kalkun utuh dapat tetap baik di dalam freezer hingga satu tahun, sementara daging ayam potong beku bertahan selama sekitar sembilan bulan. Pastikan untuk membekukan daging ayam dalam satu atau dua hari setelah membawanya pulang.

Berapa Lama Daging Ayam Dimasak Dapat Disimpan di Kulkas?

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, panduannya sedikit berbeda saat menyimpan ayam yang sudah dimasak. Faktanya, jika Anda memasak daging ayam mentah dalam waktu dua hari yang disarankan, hitungan mundur baru akan dimulai. Menurut USDA, daging ayam yang dimasak tetap segar di lemari es hingga empat hari.

Selama waktu ini, terserah Anda apakah ingin menggunakan daging ayam atau membekukannya untuk nanti. Tidak seperti daging ayam mentah, Anda dapat menyimpan daging ayam yang sudah dimasak di dalam freezer tanpa batas waktu (walaupun mungkin akan kehilangan kesegarannya seiring berjalannya waktu).

Daging ayam yang dimasak adalah bahan yang serbaguna, dan merupakan sumber protein cepat dan lezat favorit hampir semua orang. Anda seharusnya tidak memiliki masalah untuk menggunakannya dalam beberapa hari, tetapi jika Anda membutuhkan inspirasi, coba tambahkan sisa ayam ke Sandwich Roti Pipih Chicken-Pesto, Baby Kale dan Chicken Caesar Salad, dan Sop Ayam.

Pilihan Editor: Perlukah Mencuci Daging Ayam sebelum Dimasak?

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."