3 Masalah yang Kerap Dialami Orang Tua Baru dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi orang tua baru. Foto: Pixabay.com/Stephanie Pratt

keluarga

3 Masalah yang Kerap Dialami Orang Tua Baru dan Cara Mengatasinya

Minggu, 16 Oktober 2022 22:45 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap orang tua baru punya tantangan atau masalah masing-masing. Namun, ada beberapa masalah yang kerap dialami para orang tua. Biasanya masalah tersebut dipicu karena kurang komunikasi dan di fase saling menyesuaikan. 

Jika Anda dan pasangan menemukan cara terbaik yang disepakati, maka Anda berdua sudah membangun fondasi yang kuat untuk ke depannya. Cara mengatasi masalah di fase awal ini juga berperan penting dalam menghadapi tantangan mengasuh dan mendidik anak ke depannya. Berikut tiga masalah yang sering dialami orang tua baru.

1. Jadwal Berantakan

Karena pekerjaan, tugas rumah tangga, dan aktivitas anak, Anda mungkin tidak punya banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda inginkan. Kondisi ini bisa membuat Anda tertekan dari hari ke hari. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan sistem kalender atau perencanaan harian. Dalam pendekatan ini, Anda dapat mengatur skala prioritas Anda berdua dengan menyesuaikan dengan jadwal si kecil.

2. Argumen saat Lelah

Anda dan pasangan tak selalu memiliki perspektif yang sama. Adakalanya perbedaan muncul saat kondisi lelah mengurus si kecil. Walhasil, memicu argurmen penuh emosi yang berujung pertengkaran.

Pertengkaran, apakah itu dengan pasangan Anda atau anak Anda, dapat sangat memperburuk ketegangan keluarga. Bergantung pada seberapa parah konflik itu, pertengkaran mungkin berpotensi merusak hubungan selamanya.

Maka dari itu, sangat penting untuk mengelola ketidaksepahaman dan gejolak emosi dengan bijaksana. Jika Anda atau pasangan merasa kewalahan, lebih baik hentikan dan lanjutkan setelah Anda berdua menenangkan diri.

Perlu diingat, argumen tidak selalu buruk, jika Anda berdua bekerja keras untuk menghormati dan mencapai kesepakatan.

3. Perbedaan Gaya Pola Asuh Anak

Ada kemungkinan besar bahwa Anda dan pasangan telah berselisih soal pola asuh anak jika sudah menjadi orang tua baru lebih dari sehari. Masalah tersebut pasti akan terjadi dan merupakan bagian penting dalam membangun keluarga.

Untuk menangani argumen tentang pengasuhan, Anda dan pasangan wajib belajar berkompromi dan sepakat tujuannya demi kebaikan anak.

PINK VILLA

Baca juga: Orang Tua Baru Kerap Melakukan 7 Kesalahan Ini pada Bayi

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika