Pangeran Charles Berduka, Kepergian Ratu Elizabeth II jadi Momen Kesedihan Mendalam

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ratu Elizabeth, Anne, Putri Kerajaan, Pangeran Charles, Camilla, Duchess of Cornwall, Pangeran William dan Catherine, Duchess of Cambridge, bersama dengan Putri Charlotte, Pangeran George dan Pangeran Louis muncul di balkon Istana Buckingham sebagai bagian dari parade Pasukan Warna saat perayaan Queen's Platinum Jubilee di London, Inggris, 2 Juni 2022. REUTERS/Hannah McKay

Ratu Elizabeth, Anne, Putri Kerajaan, Pangeran Charles, Camilla, Duchess of Cornwall, Pangeran William dan Catherine, Duchess of Cambridge, bersama dengan Putri Charlotte, Pangeran George dan Pangeran Louis muncul di balkon Istana Buckingham sebagai bagian dari parade Pasukan Warna saat perayaan Queen's Platinum Jubilee di London, Inggris, 2 Juni 2022. REUTERS/Hannah McKay

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Istana Buckingham mengumumkan dalam sebuah pernyataan resmi pada hari Kamis, 8 September 2022 waktu setempat bahwa Ratu Elizabeth "meninggal dengan damai di Balmoral. Pangeran Charles telah mengeluarkan pernyataan resmi tentang kematian ibunya, Ratu Elizabeth II.

Dalam pernyataan dari Istana Buckingham, Pangeran Charles mengatakan, "Kematian ibuku tercinta, Yang Mulia Ratu, adalah momen kesedihan terbesar bagi saya dan semua anggota keluarga saya."

"Kami sangat berduka atas meninggalnya penguasa yang disayangi dan Ibu yang sangat dicintai," lanjutnya. "Saya tahu kehilangannya akan sangat dirasakan di seluruh negeri dan oleh banyak orang di seluruh dunia."

Charles menyimpulkan, "Selama masa berkabung dan perubahan ini, saya dan keluarga saya akan dihibur dan ditopang oleh pengetahuan kami tentang rasa hormat dan kasih sayang yang mendalam di mana Ratu sangat dihormati."

Istana Buckingham mengumumkan kematian raja lama dalam sebuah pernyataan resmi pada hari Kamis, yang berbunyi, "Sang Ratu meninggal dengan damai di Balmoral sore ini." Pernyataan itu melanjutkan, "Raja dan Permaisuri akan tetap di Balmoral malam ini dan akan kembali ke London besok." 

Berita kematian Ratu Elizabeth datang dengan momen sejarah lainnya: Dia segera digantikan oleh putra sulungnya, Charles, yang sekarang akan menjadi raja.

Kerajaan Inggris mengumumkan kabar duka meninggalnya Ratu Elizabeth II pada Jumat dinihari, 9 September 2022. Ratu yang memerintah selama 70 tahun, 7 bulan dan 2 hari, meninggal dalam usia 96 tahun. Eddie Mulholland/Pool via REUTERS/File Photo

Putra sulung Raja Charles, Pangeran William, 40, kini berada di urutan berikutnya dalam urutan tahta paling terkenal di dunia, diikuti oleh putra sulungnya, Pangeran George, 9.

Ratu Elizabeth II meninggal tak lama setelah suami tercinta, Pangeran Philip, yang lebih dulu pergi pada usia 99 pada Juni 2021. Kematian Ratu terjadi setelah setahun mengalami berbagai masalah kesehatan. Pada Oktober 2021, dia keluar dengan tongkat. Pada bulan yang sama, dia membatalkan perjalanan yang dijadwalkan ke Irlandia Utara di bawah saran medis dari dokternya dan menghabiskan malam di rumah sakit.

Ratu Elizabeth juga memutuskan untuk tidak hadir pada upacara Hari Peringatan pada bulan November karena punggungnya terkilir dan tidak merayakan Natal tradisional bersama keluarga kerajaan di Sandringham, sebagian karena meningkatnya kasus COVID-19 di sekitar liburan.

Dia dinyatakan positif COVID-19 pada Februari. Dia sedang dipantau untuk gejala seperti pilek ringan sambil terus melakukan tugas ringan, menurut Istana Buckingham.

Setelah Ratu menunjuk Liz Truss sebagai perdana menteri baru Inggris di Kastil Balmoral di Skotlandia pada hari Selasa, 6 September, Istana Buckingham mengumumkan pada hari berikutnya bahwa Ratu tidak akan memimpin pertemuan Dewan Penasihat yang dijadwalkan sehingga dia bisa beristirahat.

Menjelang berita sedih kematiannya, Istana Buckingham mengatakan sebagian dalam sebuah pernyataan bahwa "dokter Ratu prihatin dengan kesehatan Yang Mulia dan telah merekomendasikan dia tetap di bawah pengawasan medis.

Baca: Ratu Elizabeth II Meninggal, Platinum Jubilee Concert jadi Penampilan Terakhirnya

PEOPLE

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."