Setahun Kepergian Ratu Elizabeth II, Begini Cara Kate Middleton dan Pangeran William Mengenangnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Pangeran Wales, William dan Putri Kate Middleton serta Earl of Wessex (kanan) meninggalkan Westminster Hall, London setelah peti mati Ratu Elizabeth II disemayamkan menjelang pemakamannya, Rabu, 14 September 2022. Danny Lawson/Pool via REUTERS

Pangeran Wales, William dan Putri Kate Middleton serta Earl of Wessex (kanan) meninggalkan Westminster Hall, London setelah peti mati Ratu Elizabeth II disemayamkan menjelang pemakamannya, Rabu, 14 September 2022. Danny Lawson/Pool via REUTERS

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hari ini, Jumat, 8 September 2023, tepat setahun berpulangnya Ratu Elizabeth II ke pangkuan Tuhan. Mengenang kepergian Ratu yang bertakhta di Inggris selama 70 tahun, keluarga Kerajaan Inggris memiliki agenda berdoa di gereja. Kate Middleton dan Pangeran William diketahui melakukan perjalanan yang sebelumnya tidak diumumkan ke kota kecil St. Davids di ujung barat daya Wales hari ini.

Pangeran William dan Kate dikabarkan menghadiri kebaktian pribadi singkat di Katedral St. Davids kuno, untuk mengenang kejayaan sang Ratu dan berdoa untuknya. Nenek Pangeran William dan Pangeran Harry itu diketahui meninggal di Kastil Balmoral, Skotlandia pada usia 96 tahun, dua hari setelah menjalankan tugas publik terakhirnya.

Pasangan kerajaan itu juga akan bertemu dengan anggota masyarakat setempat di biara di sebelah katedral abad ke-12.

Katedral St. David memiliki hubungan yang unik dengan kerajaan. Ini adalah satu-satunya katedral Inggris, di mana penguasa mempunyai tempat khusus di Quire di antara para anggota Kapitel. Mendiang Ratu Elizabeth duduk di sana empat kali saat mengunjungi St. Davids selama masa pemerintahannya yang bersejarah.

Kota di Welsh ini telah menyambut para peziarah selama lebih dari 1.400 tahun, sejak St. David – yang merupakan santo pelindung Wales – menetap di sana dan mendirikan komunitas biara pada abad keenam. Katedral ini dibangun pada tahun 1181 dan dikunjungi sekitar 300.000 orang setiap tahunnya.

Kunjungan ke Wales ini juga merupakan pengingat yang bersejarah bahwa pasangan tersebut diangkat menjadi Pangeran dan Putri Wales oleh Raja Charles pada 9 September tahun lalu, hanya satu hari setelah kenaikan takhtanya menggantikan Ratu Elizabeth II. Langkah ini mengakui senioritas William dan Kate di keluarga kerajaan dan menandakan peran penting mereka di masa depan.

“Charles sudah memimpin mereka, dan [William dan Kate] sama-sama terlibat dalam pengambilan keputusan di belakang layar. Mereka siap dan bersedia melakukan pekerjaan itu— dan Kate adalah bagian dari hal itu,” ujar seorang teman sang putri memberi tahu People secara eksklusif dalam cerita sampul minggu ini.

Cara Raja Charles dan Ratu Camilla Mengenang Satu Tahun Kepergian Ratu Elizabeth II

Sementara itu, dalam momen mengenang setahun kepergian Ratu Elizabeth II, Raja Charles dan Ratu Camilla menghabiskan hari secara pribadi di Balmoral tanpa agenda publik apa pun. Beberapa orang dalam mengatakan ada kemungkinan mereka pergi ke Gereja Crathie di kawasan Highlands.

Anak-anak Pangeran William dan Kate Middleton Kembali Bersekolah usai Libur Musim Panas

Acara ini terjadi setelah liburan musim panas yang panjang bagi Pangeran William dan Putri Kate, yang liburan terakhirnya adalah berkumpul bersama keluarga di Kastil Balmoral bersama anak-anak mereka: Pangeran George, 10, Putri Charlotte, 8, dan Pangeran Louis, 5.

Anak-anak mereka kembali bersekolah  pada hari Rabu kemarin, 6 September 2023, untuk hari pertama tahun ajaran mereka di Sekolah Lambrook. Sekolah ini merupakan tempat mereka mulai bersekolah tahun lalu setelah keluarganya pindah dari London ke Windsor.

Mereka terakhir terlihat bersama keluarga pada suatu sore yang menyenangkan di sebuah pertunjukan udara di Gloucestershire, Inggris, pada awal Juli.

Ketika anak-anak mereka kembali bersekolah, Pangeran William kembali menjalankan tugas publiknya pada hari Kamis, memeriksa proyek tunawismanya, Homewards, di Bournemouth. Baik William dan Kate diperkirakan akan melakukan program keterlibatan dalam beberapa minggu mendatang, termasuk perjalanan Pangeran William ke New York untuk menghadiri Earthshot Prize Innovation Summit.

Pilihan Editor: Kate Middleton dan Pangeran William Boyong Ketiga Anaknya ke Pertunjukan Udara Militer

PEOPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."