Serena Williams Bicara Kebugaran Mental: Pentingnya Memprioritaskan Diri Sendiri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Petenis asal Amerika Serikat, Serena Williams berjalan keluar lapangan usai dikalahkan oleh petenis asal Jepang, Naomi Osaka dalam Semifinal Australia Open di Melbourne Park, Melbourne, Australia, 18 Februari 2021. REUTERS/Asanka Brendon Ratnayake

Petenis asal Amerika Serikat, Serena Williams berjalan keluar lapangan usai dikalahkan oleh petenis asal Jepang, Naomi Osaka dalam Semifinal Australia Open di Melbourne Park, Melbourne, Australia, 18 Februari 2021. REUTERS/Asanka Brendon Ratnayake

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Petenis, Serena Williams berterus terbuka soal kesehatan mentalnya. Dalam potongan video yang dibagikan oleh penyanyi Selena Gomez di akun Instagramnya, pada Senin, 15 Agustus 2022, keduanya membahas topik kebugaran mental untuk platform kesehatan mental Gomez, Wondermind.

"Kebugaran mental bagi saya benar-benar belajar untuk memprioritaskan diri," kata Williams, 40 tahun. "Saya melakukannya bertahun-tahun yang lalu, bahkan sebelum kesehatan mental menjadi topik utama seperti belakangan ini."

"Itu lebih seperti, baiklah, saya menutup diri hari ini. Secara tidak sadar, itu adalah sesuatu yang selalu saya lakukan," lanjutnya.

"Dan sekarang saya tahu bahwa sangat penting untuk mengutamakan diri sendiri, terutama secara mental, saya selalu menyimpan momen. Saya memiliki batasan yang serius dan saya tidak akan membiarkan siapa pun melewati batasan itu."

Menurut ibu satu putri itu, hingga saat ini, ia terus berlajar memprioritaskan diri sendiri. "Tetapi kurang lebih, setidaknya memprioritaskan apa yang perlu saya lakukan. Dan kemudian ketika saya istirahat, saya istirahat."

Percakapan dengan Gomez, 30, terjadi tak lama setelah Williams mengumumkan bahwa dia bakal pensiun dari tenis dalam esai yang ditulisnya untuk artikel sampul majalah Vogue edisi September 2022. Williams tidak ingin disebut pensiun, tetapi berkembang.

"Saya tidak pernah menyukai kata pensiun," ungkap istri Alex Ohanian itu. "Itu tidak terasa seperti kata modern bagi saya. Saya telah memikirkan ini sebagai transisi, tetapi saya ingin peka tentang bagaimana saya menggunakan kata itu, yang berarti sesuatu yang sangat spesifik dan penting bagi komunitas orang. Mungkin kata terbaik untuk menggambarkan apa yang saya lakukan adalah evolusi."

"Saya di sini untuk memberi tahu Anda bahwa saya berkembang dari tenis, menuju hal-hal lain yang penting bagi saya."

Serena Williams juga berterus terang tentang emosinya yang campur aduk, dan kesedihan yang dia rasakan saat mengucapkan selamat tinggal pada olahraga yang dia mainkan dengan penuh semangat sejak remaja.

Baca juga: Pensiun dari Tenis, Serena Williams Ingin Tambah Momongan dan Bisnis

PEOPLE

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."