Arti Nama Anak Ria Ricis, Bijaksana dan Jalan Kecil Menuju Pantai

Acara Akikah menjadi momen pertama Ria Ricis dan suami, Teuku Ryan, menunjukkan wajah anak pertamanya dan mengumumkan namanya, yaitu Cut Raifa Aramoana. Foto: Instagram/@riaricis1795

keluarga

Arti Nama Anak Ria Ricis, Bijaksana dan Jalan Kecil Menuju Pantai

Sabtu, 6 Agustus 2022 14:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Nama anak Ria Ricis diumumkan setelah 11 hari kelahirannya. Pengumuman tersebut bersamaan dengan acara akikah pada Jumat, 5 Agustus 2022. Acara tersebut juga menjadi momen pertama wajah anak pertama Ria Ricis dan Teuku Ryan diperlihatkan ke publik.

Nama anak pertama kita adalah Cut Raifa Aramoana,” kata Ryan saat siaran langsung acara akikah dan syukuran anaknya di YouTube, pada Jumat siang kemarin.

Sebelum Ryan menyebut nama lengkap sang anak, Ricis sedikit memberi petunjuk nama panggilan si bayi lewat bentangan handuk warna biru dihiasi tulisan Moana warna pink. Bukan lagi Baby R, nama panggilannya adalah Moana, mirip karakter anak petualang yang berlayar di tengah lautan dengan misi kebaikan dalam film Moana (2016).

Ria Ricis juga mengungkap arti nama anaknya saat ditanya ustad Syam, salah satu penceramah di acara akikah dengan dekorasi tema lautan.

“’Cut’ kan dari Aceh. ‘Raifa’ itu artinya bijaksana, berbuat baik, intinya kebaikan. Dalam agama, Raifa artinya kebaikan. ‘Aramoana’ (artinya) ‘jalan kecil menuju pantai’,” ujar perempuan 27 tahun ini.

Ria Ricis dan Teuku Ryan mengungkap nama anaknya di acara akikah, Jumat, 5 Agustus 2022 (tangkapan layar YouTube)

"Kenapa jalan kecil, bukan jalan besar?" tanya ustaz Syam.

"Semua dimulai dari hal kecil," jawab adik bungsu Oki Setiana Dewi itu.

Pemilihan nama Aramoana juga dipengaruhi kecintaan Ricis kepada laut. Menyelam di laut salah satu kegiatan favorit perempuan dengan nama lahir Ria Yunita itu.

Saat ditanya jumlah anak yang diinginakan, Ricis dan Ryan kompak mengatakan berharap dikaruniai tiga anak.

"Insya allah 3. Urus satu dulu sampai kasih sayangnya dapat semua," jelas pria 27 tahun ini.

Di akun Instagramnya, satu jam lalu, Ricis bagikan beberapa potret dan kesannya terkait acara akikah kemarin.

"Alhamdulillah aqiqah Moana selesai. Moana selalu buat ibu icis papa iyan ketawa, senyum. Ada aja tingkahnya. Kalau kata netijen: ga heran suka akrobat, dari dalem perut udah diajak akrobat deluan masyaallah tabarakallah. Sehat-sehat ya sayangnya bu icis dan papa iyan," tulisnya di keterangan foto Instagram, Sabtu siang, 6 Agustus 2022.

Di keterangan unggahannya, Ricis mengatakan bahwa putrinya tidak dibuatkan akun Instagram. "Oh ya, Moana TIDAK PUNYA instagram ya aun-cle," ungkapnya.

Ria Ricis melahirkan anak pertamanya dengan Teuku Ryan pada Selasa, 26 Juli 2022 di Rumah Sakit Bina Medika, Bintaro. Persalinan dilakukan dengan operasi Caesar, lebih cepat dari hari perkiraan lahir atau HPL karena air ketubannya habis.

Baca juga: Melahirkan Baby R, Ria Ricis: Apa pun Jalan Lahirnya, Itulah yang Terbaik