6 Tips Mengupas Telur Rebus Agar Lebih Mudah dan Tak Gampang Robek

Telur rebus adalah salah satu menu makanan sehat yang mengandung multivitamin baik untuk tubuh.

kuliner

6 Tips Mengupas Telur Rebus Agar Lebih Mudah dan Tak Gampang Robek

Rabu, 10 Maret 2021 20:56 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Telur rebus adalah salah satu makanan sehat dan bergizi tinggi. Di dalam sebutir telur kita akan menemukan multivitamin yang dibutuhkan untuk tubuh. Bukan hanya itu, mineral, asam amino, dan antioksidan dapat kita temukan dalam satu butir telur utuh.

Bahan makanan yang biasa disajikan untuk sarapan ini juga kaya akan zat gizi kolin yang bisa melindungi kita dari stres. Tapi masalahnya, kadang mengupas telur rebus juga bisa membuat kita pusing. 

Agar lebih mudah saat menyajikan telur, ikuti tips dari Real Simple berikut ini.  

1. Gunakan air dingin agar lebih muah mengupas telur rebus

Cara merebus telur yang baik adalah dengan menggunakan air dingin bukan panas. Ini akan membuat suhu naik lebih lambat dan mencegah risiko keretakan cangkang. Gunakan api sedang hingga tinggi selama 15 menit. Setelah itu, segera masukkan ke dalam air es untuk menghentikan proses pematangan. Air dingin akan membantu kamu dalam mengupas telur rebus.

2. Gunakan panci besar untuk merebus telur

Selain itu, tutuplah panci saat kamu merebus telur. Panci besar penting agar saat merebus beberapa butir telur, semuanya bisa matang secara merata.

3. Telur yang lebih tua akan lebih mudah dikupas

Jika kamu berencana merebus telur, pilihlah telur yang telah disimpan beberapa hari. Telur yang berada di lemari es lebih dari semalam bisa terkelupas dengan baik setelah direbus

Baca juga: Ini Manfaat Cuci Telur sebelum Disimpan di Kulkas

4. Tambahkan cuka ke dalam air rebusan untuk mencegah bau

Telur jadi pilihan mudah untuk bekal makan siang di kantor atau sekolah. Tapi kadang, setelah beberapa jam, telur akan menguar bau yang tidak enak. 

Untuk menghindari ini, tambahkan beberapa sendok teh cuka suling putih ke dalam air saat kamu merebus telur. Cuka akan menetralkan bau, tetapi tidak memengaruhi rasa telur. Itu juga membantu menjaga agar bagian putih telur tidak habis jika telur retak.

5. Kocok dan masukkan ke dalam bak es sebelum mengupasnya

Segera setelah kamu mengeluarkan telur matang dari air rebusan yang masih panas, segera masukkan ke dalam mangkuk besar dan aduk. Iniakan  memecah selaput antara telur dan cangkang, sehingga lebih mudah untuk dikupas. Akhiri dengan memasukkan telur ke dalam air es dingin dan mulai mengupas. 

Baca juga: Studi Ungkap 5 Asupan Ini Bisa Redakan Stres, Ada Susu dan Telur

6. Gulung telur untuk memulai proses pengupasan

Saat mengupas telur, pecahkan seluruh telur dengan lembut. Lalu, gulung telur di antara kedua tangan untuk memecahkan selaput antara telur dan cangkang. Dengan trik ini, telur akan mudah terkelupas. Selain itu, kupas telur rebus di bawah air dingin yang mengalir. Ini akan membantu kamu untuk tidak merobeknya.

Itu tadi cara mudah mengupas telur rebus. Sekarang, kamu bisa lebih mudah dalam menyiapkan makanan sehat untuk sarapanmu.

Baca juga: Tagar #bakedoats Viral di TikTok, Ini Resep Oatmeal Panggang Mudah

REAL SIMPLE