Mengenal Futri Zulya Savitri, Politikus sekaligus Pemilik Klinik Kecantikan

Futri Zulya Savitri. Foto: Instagram/@putri_zulhas

profil

Mengenal Futri Zulya Savitri, Politikus sekaligus Pemilik Klinik Kecantikan

Selasa, 2 Agustus 2022 13:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Nama Futri Zulya Savitri menjadi sorotan beberapa waktu lalu. Kala Zulkifli Hasan, ayahnya yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional yang kini menjadi Menteri Perdagangan, membagi-bagikan minyak goreng besutan kementeriannya, Minyakita, secara cuma-cuma kepada sejumlah masyarakat di Lampung sembari mengajak warga penerima untuk memilih putrinya. Futri diketahui calon Legislatif PAN Dapil Lampung 1.

Dalam waktu singkat, Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga, menjelaskan bahwa minyak curah kemasan itu dibeli oleh Futri, tidak gratis. Setelah itu, barulah Futri membagikan minyak goreng tersebut secara cuma-cuma ke masyarakat di daerah pemilihan atau dapilnya sendiri, bersama sang ayah. 

Tak dipungkiri sorotan tersebut cukup memantik rasa penasaran masyarakat untuk mengenal lebih dekat sosok Futri. Berikut beberapa fakta Futri Zulya Savitri menurut berbagai sumber.

1. Ambil jurusan bisnis saat kuliah

Perempuan kelahiran 13 Mei 1988 itu diketahui di Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia berhasil mendapatkan gelar S1 dengan waktu pendidikan yang relatif cepat.

Futri Zulya Savitri, anak dari pasangan Zulkifli Hasan dan Soraya Muhammad Ali. Foto: Instagram/@putri_zulhas

Setelah menuntaskan pendidikan sarjana di ITB, Futri kemudian melanjutkan sekolahnya untuk strata S2 di Australian National University. Pada strata S2-nya ini, ia mengambil bidang studi International Business.

2. Merintis berbagai bisnis

Futri mengelola beberapa bidang bisnis antara lain bidang pendidikan, kesehatan, serta kecantikan.

Pada saat usianya baru 23 tahun, ia mengambil tantangan dengan mengurus perusahaan besar milik keluarganya, PT. Batin Eka Perkasa dan BPR Haneda Mitra Usaha. Kala itu, perusahaan tersebut mengalami masalah besar dan memerlukan perombakan total.

(dari kiri) Futri Zulya Savitri bersama duta merek klinik kecantikannya ZGlow, yaitu Adelia Pasha, istri Pasha vokalis band Ungu. Foto: Instagram/@putri_zulhas

Futri juga diketahui pemiliki klinik kecantikan Zglow Clinic. Mengulik dari unggahan Instagram mantan suaminya, Ahmad Mumtaz Rais, pada 27 Maret 2021, klinik tersebut baru membuka cabang ke-12 di Bandung.

Sementara itu, dari video Instagram Futri pada 6 Maret 2021, terlihat Adelia Pasha, istri Pasha Ungu, diumumkan sebagai duta merek klinik kecantikan tersebut.

3. Mengikuti jejak karier politik ayahnya 

Futri merupakan salah satu contoh anak yang mengikuti jejak karier politik orang tuanya. Anak sulung pasangan Zulkifli Hasan dan Soraya Muhammad Ali itu diketahui termasuk dalam jajaran pengurus DPP PAN.

(dari kiri) Futri Zulya Savitri bersama Intan Fauzi, Ketua Umum PUAN, dalam acara Rakornas KPPN PAN pada Februari 2022. Foto: Instagram/@putri_zulhas

Ia juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP Perempuan Amanat Nasional alias PUAN, komunitas yang mewadahi para kader perempuan di partai berlogo matahari putih yang bersinar cerah dilatarbelakangi segi empat warna biru. 

4. Tetap Berhubungan baik dengan mantan suami

Kabar perpisahan Futri dan Ahmad Mumtaz Rais, putra Amien Rais yang juga pendiri PAN, cukup mengejutkan. Futri diketahui menggugat cerai pada Februari 2022 dan gugatannya dikabulkan oleh Majelis Hakim baru-baru ini. 

Futri diketahui menikah dengan Mumtaz pada 9 Oktober 2011. Keduanya telah dikaruniai sepasang anak, Illiyyuna dan Zahavi.

(dari kanan) Futri Zulya Savitri dan mantan suami, Ahmad Mumtaz Rais. Foto ini diunggah Mumtaz di akun Instagram resminya, pada 4 April 2021. Foto: Instagram/@mumtaz.rais

Meski telah berpisah, Futri tetap menjalin hubungan baik dengan Mumtaz dilihat dari unggahan foto di Instagramnya saat kali pertama ia dan Mumtaz menemani putranya masuk sekolah kali pertama.

"Pagi ini saya dan Mas Mumtaz mengantar Mas Zahavi hari pertama masuk sekolah," tulis sulung dari empat bersaudara itu di keterangan foto yang diunggah di Instagram, 18 Juli 2022.

"Semangat yaa Nak belajarnya.. Mami dan Bapak selalu mendoakan agar menjadi anak soleh kebanggaan kedua orgtuanya," lanjutnya.

Ia pun berjanji bahwa kedua anaknya akan selalu mendapatkan perhatian dan kasih sayang penuh dari orang tuanya.

5. Mengganti nama

Pada akhir Juni silam, Futri mengajukan pergantian nama ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Pergantian nama ini diajukan Futri Zulya Savitri pada 28 Juni 2022 yang tertuang dalam isi surat Putusan PN Jakarta Selatan dengan nomor 430/PDT.P/2022/PN JKT.SEL.

Futri Zulya Savitri mengganti namanya menjadi Putri Zulkifli. Pengajuan penggantian namanya dikabulkan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada akhir Juni 2022. Foto: Intagram/@putri_zulhas

Pengajuan pergantian nama dari Futri Zulya Savitri menjadi Putri Zulkifli Hasan lantas dikabulkan dengan sejumlah ketetapan dari majelis hakim. Menilik bio di Instagramnya, Futri sudah menggunakan nama barunya, begitu pula dengan username di Instagram-nya menjadi @putri_zulhas.

Baca juga: Putri Ma'ruf Amin jadi Wasekjen Partai Demokrat: Abah Menghormati