4 Alasan Menghabiskan Waktu bersama Teman Penting untuk Kesehatan Mental

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan berbincang dengan teman perempuannya. (Unsplash/Priscilla Du Preez)

Ilustrasi perempuan berbincang dengan teman perempuannya. (Unsplash/Priscilla Du Preez)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pertemanan memberikan lebih dari sekadar waktu yang menyenangkan. Mempertahankan hubungan positif, seperti makan sehat dan olahraga, bagian investasi untuk kesehatan. Menghabiskan waktu bersama teman tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan fisik dan emosional jangka panjang.

Apakah jaringan teman Anda terdiri dari pasangan dan sejumlah besar ikatan keluarga dekat, atau jika itu terdiri dari orang-orang yang tidak memiliki hubungan biologis dengan Anda, semua jenis dukungan sosial itu bermanfaat untuk Anda.

Berikut adalah empat alasan mengapa menghabiskan waktu bersama teman penting untuk kesehatan mental Anda dikutip dari Pink Villa.

1. Mengurangi stres

Setiap orang mengalami stres. Jika Anda tahu bahwa Anda dapat mengandalkan orang lain, kemungkinan kecil Anda akan menganggap masa sulit sebagai stres. Mungkin Anda bisa mengungkapkan kekhawatiran Anda kepada seorang teman, yang mendengarkan Anda curhat, dan membantu Anda dalam mencari solusi.

Potensi stresor tidak memiliki kesempatan untuk menyebabkan tekanan yang signifikan jika Anda tahu Anda memiliki teman yang peduli dan ingin membantu.

2. Teman dapat membantu meningkatkan harga diri

Teman dapat meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri Anda. Pemandu sorak Anda adalah teman yang baik. Saat Anda merasa tidak yakin, teman yang suportif dapat membantu Anda merasa lebih percaya diri dengan memberikan pujian dan kepastian. Mereka akan menyoroti betapa luar biasanya Anda dan seberapa banyak yang Anda tawarkan kepada orang lain.

3. Teman memberi Anda dukungan emosional

Jika Anda berada dalam situasi yang sulit, memiliki teman untuk membantu Anda dapat membuat transisi lebih mudah. Ikatan sosial memberikan dukungan emosional, yang meningkatkan kesejahteraan psikologis Anda. Orang yang menganggap teman dan keluarga mereka sebagai pendukung dianggap memiliki makna hidup yang lebih besar dan tujuan yang lebih kuat.

4. Teman mendorong Anda untuk menjadi versi terbaik diri sendiri

Anda lebih mungkin untuk mengembangkan versi terbaik diri sendiri jika Anda berteman dengan orang-orang yang murah hati dengan waktu mereka, membantu orang lain, ambisius, atau berorientasi keluarga. Teman-teman Anda juga dapat mendukung keputusan Anda dengan membuat perubahan bersama Anda. Jika Anda ingin bergabung dengan gym atau mulai berlari, misalnya, memiliki teman olahraga dapat membantu Anda mempertahankannya hingga menjadi kebiasaan.

Teman yang baik sangat penting di semua tahap kehidupan. Beberapa aspek persahabatan Anda dapat berkembang seiring waktu saat Anda dewasa dan berubah sebagai individu. Persahabatan yang kuat, di sisi lain, akan terus memperkuat Anda dari tahun ke tahun karena hal-hal penting seperti kepercayaan, rasa hormat, pengampunan, dan dukungan, tidak akan pernah berubah.

Untuk merasakan sederet manfaat di atas, luangkan waktu bersama teman-teman, bukan menunggu waktu luang ya, sahabat Cantika.

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Teman yang Berhati Baik, Jangan Sampai Dilepaskan

PINK VILLA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."