Kenali Ciri-ciri Teman yang Berhati Baik, Jangan Sampai Dilepaskan

Ilustrasi wanita bersama teman-temannya. Unsplash.com/Ben White

ragam

Kenali Ciri-ciri Teman yang Berhati Baik, Jangan Sampai Dilepaskan

Selasa, 7 September 2021 16:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta -  Ada banyak cara untuk mengenali dia teman yang baik atau sebaliknya. Kalau teman kamu hatinya baik, biasanya kita langsung merasa nyaman saat berada di dekatnya. Bahkan meski mungkin baru pertama kali bertemu. Rasanya mudah merasa cocok dan langsung nyambung.

Hal tersebut dikatakan oleh Psikolog Samanta Elsener di laman Instagramnya. "Seiring dengan semakin panjang masa bergaul dengannya, kamu semakin melihat perilaku-perilaku positif yang ada pada dirinya dan makin merasa aman berteman ," tulisnya pada Senin, 6 September 2021.

Lalu, ciri-ciri apa saja teman yang hatinya baik menurut Samanta:

1. Dia senang membantu sesama, orang lain saja dibantu apalagi kamu sahabatnya2. Dia menghargai semua orang. Mulai dari pengemis, pelayan, hingga CEO perusahan. Dia selalu menunjukkan rasa hormat sebagai sesama manusia3. Dia mendukung cita-citamu, membantumu bertumbuh dan ikut bahagia dengan pencapaianmu4. Meski dia tidak setuju denganmu, dia tidak menghakimi karena pola pikirnya yang bijaksana

Menurut Samanta, kalau perilakunya cocok dengan karaktermu, pertemanan kalian bisa awet dan makin solid. Kenapa begitu? Kenapa ada orang yang bisa cocok dengan satu teman, tetapi tidak dengan yang lainnya?

Menurut penelitian, memang ada yang disebut resonansi pikiran. Di situs Greater Good yang diterbitkan Universitas California, Berkeley, ahli saraf Pavel Goldstein dari University of Colorado Boulder (2018) menyebut bahwa ada gelombang pikiran yang beresonansi di antara dua atau beberapa orang yang merasa cocok satu sama lain.

"Jadi, ada sinkronisasi interpersonal di antara kalian," imbuh Samanta.

Menurut Samanta, penelitian tersebut hanya sebagai tambahan informasi. Kita mungkin ingin mempercayai bahwa semua orang di dunia ini baik dan bisa cocok dengan kita.

"Akan tetapi sejak dahulu kala, angel dan demon itu nyata keberadaannya. Jadi, kalau mau hidup kita baik, ya, tentu kita bergaul dengan teman yang baik," pungkasnya mengakhiri keterangan di instagram.

Baca: Beda Close Friends dan Best Friend, Tidak Semua Teman Terasa Dekat