Kenali Ciri-ciri Teman yang Berhati Baik, Jangan Sampai Dilepaskan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita bersama teman-temannya. Unsplash.com/Ben White

Ilustrasi wanita bersama teman-temannya. Unsplash.com/Ben White

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Ada banyak cara untuk mengenali dia teman yang baik atau sebaliknya. Kalau teman kamu hatinya baik, biasanya kita langsung merasa nyaman saat berada di dekatnya. Bahkan meski mungkin baru pertama kali bertemu. Rasanya mudah merasa cocok dan langsung nyambung.

Hal tersebut dikatakan oleh Psikolog Samanta Elsener di laman Instagramnya. "Seiring dengan semakin panjang masa bergaul dengannya, kamu semakin melihat perilaku-perilaku positif yang ada pada dirinya dan makin merasa aman berteman ," tulisnya pada Senin, 6 September 2021.

Lalu, ciri-ciri apa saja teman yang hatinya baik menurut Samanta:

1. Dia senang membantu sesama, orang lain saja dibantu apalagi kamu sahabatnya
2. Dia menghargai semua orang. Mulai dari pengemis, pelayan, hingga CEO perusahan. Dia selalu menunjukkan rasa hormat sebagai sesama manusia
3. Dia mendukung cita-citamu, membantumu bertumbuh dan ikut bahagia dengan pencapaianmu
4. Meski dia tidak setuju denganmu, dia tidak menghakimi karena pola pikirnya yang bijaksana

Menurut Samanta, kalau perilakunya cocok dengan karaktermu, pertemanan kalian bisa awet dan makin solid. Kenapa begitu? Kenapa ada orang yang bisa cocok dengan satu teman, tetapi tidak dengan yang lainnya?

Menurut penelitian, memang ada yang disebut resonansi pikiran. Di situs Greater Good yang diterbitkan Universitas California, Berkeley, ahli saraf Pavel Goldstein dari University of Colorado Boulder (2018) menyebut bahwa ada gelombang pikiran yang beresonansi di antara dua atau beberapa orang yang merasa cocok satu sama lain.

"Jadi, ada sinkronisasi interpersonal di antara kalian," imbuh Samanta.

Menurut Samanta, penelitian tersebut hanya sebagai tambahan informasi. Kita mungkin ingin mempercayai bahwa semua orang di dunia ini baik dan bisa cocok dengan kita.

"Akan tetapi sejak dahulu kala, angel dan demon itu nyata keberadaannya. Jadi, kalau mau hidup kita baik, ya, tentu kita bergaul dengan teman yang baik," pungkasnya mengakhiri keterangan di instagram.

Baca: Beda Close Friends dan Best Friend, Tidak Semua Teman Terasa Dekat

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."