Tanda-tanda Anda Kurang Minum Air Putih

Ilustrasi air putih (pixabay.com)

kesehatan

Tanda-tanda Anda Kurang Minum Air Putih

Jumat, 27 Mei 2022 20:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Tubuh manusia terdiri dari hampir 60 persen air. Kecukupan air memengaruhi fungsi pernapasan, pencernaan, melumasi sendi, membuang limbah, fungsi otak, komunikasi, mempertahankan homeostasis, pada dasarnya, setiap fungsi tubuh. Jadi, saat Anda kurang minum air putih atau jika kehilangan lebih banyak air daripada yang masuk, kemungkinan besar terjadi dehidrasi. Sayangnya, hasil dehidrasi dapat menyebabkan komplikasi jangka pendek dan jangka panjang, kata Adam Brittain, MD, dokter senior di WorldClinic.

Disadari atau tidak, Anda mengeluarkan air sepanjang hari dan malam, misalnya saat Anda berkeringat, menangis, buang air kecil, dan bahkan sedikit pada setiap tarikan napas. Maka dari itu, disarankan untuk meminum air secara konsisten sepanjang hari untuk menjaga tingkat hidrasi Anda dan mencegah gejala dehidrasi dini.

Menurut Dr. Brittain dan ahli pengobatan fungsional Erika Schwartz, MD, tubuh Anda sebenarnya melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk memperingatkan jika Anda kurang minum air putih atau berisiko alami dehidrasi ringan. Bagaimanapun, dehidrasi menurunkan aliran darah dan oksigen ke otak, yang pada gilirannya menyebabkan peradangan.

Oleh karena itu, kurang minum air putih dapat menyebabkan sakit kepala, kabut otak atau kebingungan, kelelahan, perubahan suasana hati alias moody, dan pusing.

Selain itu, Dr. Schwartz menambahkan bahwa karena air berperan penting dalam melumasi sendi dan otot Anda, kekurangan minum air putih juga dapat menyebabkan nyeri sendi dan kekakuan atau kram pada otot dan ligamen Anda.

Beberapa tanda lainnya adalah mulut dan kulit kering, rasa haus yang meningkat, dan urin yang lebih pekat.

Jadi, jika Anda mulai merasakan kram otot atau sakit kepala yang mengganggu saat sedang berlari atau beraktivitas di pantai, berhentilah sejenak, pertimbangkan apakah Anda telah mengonsumsi cukup cairan dalam beberapa jam terakhir, dan berikan tubuh Anda hidrasi yang dibutuhkannya.

Berapa banyak air yang ideal untuk diminum per hari?

Menurut Akademi Sains, Teknik, dan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, asupan cairan harian yang memadai untuk orang dewasa yang sehat dan tinggal di iklim sedang adalah sekitar 11,5 cangkir sehari untuk wanita, dan 15,5 cangkir untuk pria.

Jumlah tersebut dapat berubah berdasarkan seberapa banyak Anda berolahraga, lingkungan tempat Anda tinggal, dan kondisi kesehatan lainnya. Dr. Schwartz bahkan merekomendasikan minum 1/2 dari berat badan Anda dalam ons air. Lebih sederhana, Anda harus sering minum air, dan selalu ketika Anda haus.

Perlu diingat, bagaimanapun, bahwa air minum bukan satu-satunya cara untuk tetap terhidrasi dengan baik. Buah-buahan dan sayuran dengan kandungan air yang tinggi adalah cara yang bagus untuk menjaga sistem Anda dalam kondisi prima juga. Apa saja contohnya? Brokoli, wortel, mentimun, semangka, dan anggur, semuanya tinggi H2O.

Jangan abaikan jika tubuh memberi sinyal kurang minum air putih, ya, sahabat Cantika.

Baca juga: Kurang Minum Air Putih Bisa Bikin Berat Badan Naik? Simak Faktanya

WELL AND GOOD