5 Manfaat Minum Air Putih untuk Otak, Air Liur, hingga Kulit

Ilustrasi menuang air putih ke gelas. shutterstock.com

kesehatan

5 Manfaat Minum Air Putih untuk Otak, Air Liur, hingga Kulit

Jumat, 23 April 2021 11:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Tubuh manusia terdiri dari 60 persen air. Maka dari itu, disarankan minum air putih setidaknya 8-10 gelas air dalam sehari untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain menghidrasi tubuh, manfaat minum air putih juga bisa dirasakan untuk fungsi otak, produksi air liur hingga menjaga penampilan kulit bersinar.

Berikut lima manfaat minum air putih yang dibagikan oleh ahli gizi Gauri Anand seperti dikutip dari Pink Villa.

1. Memberi energi

Kurangnya asupan air dapat menyebabkan berkurangnya motivasi dan peningkatan kelelahan. Jika tubuh Anda tidak cukup terhidrasi, tubuh akan menderita karena melakukan aktivitas fisik yang membutuhkan daya tahan dan kekuatan. Air sangat penting untuk memberi Anda energi yang cukup untuk melakukan tugas dan aktivitas sehari-hari. Ini juga mengatur suhu tubuh Anda dan membuatnya tetap dingin dan terkendali.

2. Mencegah sembelit dan sakit kepala

Dehidrasi atau kekurangan cairan adalah salah satu alasan utama meningkatnya sakit kepala dan sembelit. Tubuh Anda membutuhkan cairan untuk melakukan fungsi utama seperti fungsi otak dan memproduksi cukup cairan di perut untuk pencernaan yang baik. Minum banyak air dapat membantu meredakan sakit kepala dan sembelit.

Baca juga: Ketahui Diet Air Putih yang Benar dan Aman

3. Bantu menurunkan berat badan

Air putih juga bantu meningkatkan laju metabolisme Anda. Ini berarti tubuh Anda aktif dan metabolisme meningkat berarti Anda membakar lebih banyak kalori setiap hari. Air juga membuat Anda kenyang untuk waktu yang lebih lama, membatasi mereka yang berada di antara mengidam makanan.

4. Membuat kulit lebih cerah

Ini adalah fakta yang diketahui bahwa air membantu membersihkan pori-pori kulit Anda dan membuatnya lebih cerah karena mengeluarkan racun dari tubuh Anda. Itu membuat kulit Anda terhidrasi dan lembap secara alami dengan mengurangi garis-garis halus dan kerutan dari wajah Anda. Ini juga membantu menghilangkan bengkak di pagi hari.

5. Membantu dalam memproduksi air liur

Karena air menyebabkan hidrasi, penting untuk memproduksi air liur. Sebab air liur bisa mencegah mulut kering yang bisa berisiko menyebabkan penyakit, sariawan, pencernaan yang tidak tepat, dan bahkan diabetes.

Jadi, jangan remehkan pentingnya manfaat minum air putih ya, teman-teman Cantika.

PINK VILLA