2 Tahun Menyusui Putrinya, Chacha Frederica: Senang Bahagia dan Lega

Chacha Frederica bersama putrinya, Cassia Shakir Ganinduto, yang lahir pada 25 April 2020. Instagram.com/@chafrederica

keluarga

2 Tahun Menyusui Putrinya, Chacha Frederica: Senang Bahagia dan Lega

Rabu, 20 April 2022 11:04 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris dan presenter, Chacha Frederica mencurahkan isi hati bisa menyusui putrinya, Cassia Shakir Ganinduto, selama dua tahun.

"8 April 2022 , 6 Ramadhan 1443 H adalah mlm terakhir saya menyusui Cassia ... Cassia lahir tgl 25 April 2020, 2 Ramadhan 1441 H , kalau di tanya perasaan saya mlm itu.. senang bahagia dan lega .. bs menjalankan perintah Allah untk menyusui sampai usia 2 tahun," tulisnya di Instagram, Rabu, 20 April 2022.

Chacha awalnya mengaku tak sedih, tapi sehari kemudian ia merindukan momen kebersamaan saat menyusui.

"sampai tiba2 pagi ini saya rindu sekali quality dan bonding time bersama Cassia ... perjalanan dan perjuangan yg luar biasa untk kami .. exhausted but beautiful journey for us," tutur istri Dico Ganinduto yang kini menjabat sebagai Bupati Kendal.

Meski begitu, Chacha berusaha kuat untuk melepas 

Chacha juga bersyukur sang putri tidak rewel di masa transisi dari mengasihi ke menyapih. Bahkan Cassia bisa tidur tanpa minum ASI dan tak ada drama sejak 12 hari lalu, kisah Chacha. "Cassia baik bgt gak bikin mommy daddy nya repot saat di sapih Masyaallah Tabarakallah," ujar perempuan 32 tahun itu.

Di unggahan itu, Chacha menyertakan swafoto saat menyusui Cassia di dalam ruangan dengan interior warna putih.

Di awal masa menyusui, Chacha bagikan sejumlah kisahnya di akun media sosial. Saat dijalani, Chacha baru memahami betapa besar perjuangan busui atau ibu menyusui. Mulai dari melawan rasa kantuk, berkomitmen tinggi, hingga kehadiran support system atau dukungan orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman.

"Nikmat dengan segala kesabaran, perjuangan, dan komitmen .. kenapa komitmen? Ya aku perlu bantuan suami atau mama di malam hari untuk menyusui (dengan botol) anakku kalau memang aku lagi sangat-sangat teler sekali, demi baby-nya juga," ungkapnya di Instagram, 8 Juli 2020.

Selain itu, Chacha mengingatkan pentingnya menerapkan pola hidup sehat agar tidak mempengaruhi produks ASI. Sebab ia menyadari kurang tidur dan dilanda pusing bisa mempengaruhi produksi ASI-nya. 

Sebagai informasi, Chacha Frederica melahirkan Cassia di Rumah Sakit Bunda, Jakarta, pada Jumat 24 April 2020.

Baca juga: Doa Chacha Frederica untuk Putrinya yang Berulang Tahun ke-1