Cara Nycta Gina Ajarkan Puasa untuk Anak, Sambil Bermain dan Tidak Memaksakan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Nycta Gina bersama keluarga/Foto: Instagram/Nycta Gina

Nycta Gina bersama keluarga/Foto: Instagram/Nycta Gina

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jelang Ramadan masyarakat disibukkan dengan berbagai persiapan terutama pemenuhan kebutuhan nutrisi harian agar tetap fit dalam menjalani aktivitas serta membantu menjaga imunitas khususnya di masa pandemi ini.

Begitu pula dengan kesibukan para orang tua yang mulai mengenalkan dan mengajarkan anak-anak mereka mulai puasa sejak dini. Termasuk dengan aktris dan presenter Nycta Gina yang kini telah memiliki dua anak balita yakni Panutan Adhya Semesta Trinycta (6 tahun) dan Lembar Putih Trinycta (4 tahun).

Menariknya, alih-alih mengajarkan dengan tegas atau paksaan istri Rizky Kinos justru tidak pernah mengajarkan secara langsung hanya dengan ucapan, tetapi memberi contoh kepada anak-anak.

"Jadi aku lebih menawarkan ke anak-anak untuk coba berpuasa, aku juga nggak biarkan mereka buka sampai maghrib, tapi boleh dari siang. Ada momen kalau mereka nggak kuat ya bisa buka. Jadi lebih ke puasa sambil bermain, tidak ada unsur memaksa," ucapnya dalam talkshow #MenebarKebaikan Susu MilkLife rasa Kurma, Selasa, 29 Maret 2022.

Mudahnya begini, lanjut Nycta, kalau mengharapkan anak-anak melakukan sesuatu maka sebaiknya kita contohkan, jangan dipaksa agar melakukan atas keinginan mereka bukan karena dipaksa. "Termasuk puasa yang membuat anak-anak belajar untuk melatih kesabaran," ucapnya.

Salah satu caranya lagi ialah melibatkan anak saat menyiapkan menu berbuka puasa, misal bikin es buah bersama. "Mereka biasanya suka ikut nemenin bantu-bantu kalau bikin menu buka puasa, seperti misalnya bikin es buah. Campur-campur buah atau nuang susu," terangnya.

Kemudian untuk menu selama bulan puasa kedua anak Nycta sangat menyukai telur yang dicampur sama keju. "Tinggal tambahkan nasi dan sayur, kadang suka pakai oatmeal dicampur dengan susu dan buah-buahan seperti stoberi dan blueberry. Simpel saja yang terpenting gizi tercukupi," imbuhnya.

"Kalau minum susu biasanya mereka dua kali sehari. Habis makan pagi dan sebelum tidur. Kalau tahun lalu mereka kuat puasa kuat sampai jam 12.00. Ada momen sahur sambil makan pagi lalu bukanya saat sahur."

Baca: Gaya Nycta Gina Hingga Tasya Farasya Parodikan Lagu Hits Celine Dion

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."