Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Kering dan Cara Menggunakannya, Menurut Dokter

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi minyak zaitun. (Foto: Pexels/Piyabay)

Ilustrasi minyak zaitun. (Foto: Pexels/Piyabay)

IKLAN

Di sisi lain, Anna Babayan, ahli kecantikan dan pemilik Anna Babayan Skincare di Boston, Amerika Serikat, mengingatkan sebagai aturan umum, minyak zaitun bukanlah pilihan ideal sebagai produk perawatan kulit.

 "Kulit kita tidak memiliki enzim untuk memecah molekul dan membiarkan manfaat minyak zaitun masuk ke dalam kulit, dan sebagai hasilnya, ia hanya berada di atas kulit sebagai lapisan penghalang dan melindungi kuli. Agar semua khasiatnya yang luar biasa bermanfaat, minyak zaitun paling baik dikonsumsi," kata Babayan.

Dr. Mehr menyarankan bahwa minyak zaitun dapat bermanfaat untuk alasan yang sama. "Minyak zaitun bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk pasien dengan dermatitis atopik, juga dikenal sebagai eksim," katanya.

Namun, Dr, Mehr menambahkan bahwa menggunakan minyak zaitun sebagai pengobatan untuk bintik hitam atau hiperpigmentasi tidak bermanfaat, terlepas dari sifat antioksidannya.

"Ini sebenarnya terlalu berlebihan untuk sifat antioksidannya, karena dapat menyebabkan jerawat dan memperburuk hiperpigmentasi jika pasien menggunakannya di pagi hari dan kemudian terkena sinar matahari, membuat mereka rentan terhadap lebih banyak pigmentasi," katanya.

Jadi, minyak zaitun bisa digunakan sebagai produk perawatan kulit jika Anda memiliki kulit yang sangat kering atau bermasalah.

"Karena orang dengan jenis kulit kering kekurangan minyak di kulit mereka, lapisan pelindung kulit mereka biasanya terganggu," jelas Babayan. "Hal ini dapat menyebabkan hilangnya air dan dehidrasi yang dalam di kulit—menggunakan minyak zaitun dapat membuat oklusi dan tidak membiarkan air menguap dari kulit," jelasnya

Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Kulit

Jika Anda memilih untuk menggunakan minyak zaitun langsung pada kulit Anda, Dr. Mehr merekomendasikan untuk mengoleskan minyak dalam waktu tiga menit setelah keluar dari kamar mandi di malam hari. Dan pastikan untuk memijat beberapa tetes di atas pelembap yang biasa Anda gunakan untuk menyegel hidrasi, daripada mengoleskannya ke wajah yang kering.

"Tepuk kulit hingga kering [setelah mandi] dan oleskan beberapa tetes minyak zaitun ke kulit, sebaiknya sebelum tidur, dan hanya pada kulit yang tidak berjerawat (seperti tangan, lengan, dan kaki)," kata Dr. Mehr. Selain itu, pastikan Anda memilih jenis minyak zaitun organik ekstra-virgin. Sebab ada beberapa jenis minyak zaitun yang biasa bisa dijadikan pestisida, tentunya mengoleskan racun ini ke kulit bukanlah ide yang baik.

Baca juga: 5 Tahap Menggunakan Minyak Zaitun untuk Rambut

REAL SIMPLE

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."