7 Kiat Makeup bagi Pemilik Kulit Kering, Hindari Alas Bedak dan Pakai Face Mist

Ilustrasi kulit kering. Shutterstock

kecantikan

7 Kiat Makeup bagi Pemilik Kulit Kering, Hindari Alas Bedak dan Pakai Face Mist

Jumat, 10 Desember 2021 11:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada sejumlah kiat makeup untuk pemilik kulit kering. Jika salah memakai produk atau cara pengaplikasiannya bisa jadi malapetaka. Tampilan kulit halus merata sulit didapatkan. Makeup juga akan terlihat cakey sepanjang hari. Tanda makeup cakey adalah mulai pecah seperti tepung yang terkena air.

Untuk mencegah hal itu terjadi, berikut persiapan sebelum dan cara makeup bagi pemilik kulit kering dikutip dari laman Instyle.

1. Pentingnya persiapan sebelum makeup

Ketika berbicara tentang bagaimana tampilan riasan, rutinitas perawatan kulit berperan penting sebagai dasarnya.

"Jika Anda adalah seseorang yang menderita kulit kering selama musim dingin, hal pertama yang harus dilakukan adalah memperkuat rutinitas perawatan kulit yang membuat Anda siap untuk aplikasi riasan yang sukses," kata penata rias profesional, Dominique Lerma

Jika Anda belum melakukannya, mulailah memasukkan serum, pelembap, dan face mist ke dalam rutinitas Anda dengan bahan-bahan yang menghidrasi, seperti asam hialuronat atau gliserin.

“Saya suka menggunakan serum dan minyak kering pada kulit sebelum pelembap untuk membantu merevitalisasi kulit dan mempersiapkannya untuk aplikasi riasan, kata penata rias selebriti, Billie Gene.

“Saya juga cenderung menyemprot wajah dengan mist yang menyegarkan sebelum pelembap untuk menambah kelembapan. dan melembutkan kulit untuk penyerapan yang lebih baik."

2. Eksfoliasi

Selain menggunakan produk perawatan kulit yang melembapkan ke dalam rutinitas Anda, pengelupasan adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan kulit yang mengelupas. Ini juga membantu meningkatkan penyerapan produk yang mungkin tidak terjadi karena serpihan dan sel kulit mati menghalangi penetrasi.

"Orang sering berpikir bahwa mereka tidak boleh melakukan eksfoliasi jika kulit mereka kering, tetapi sebaliknya, memilih exfoliator yang lembut akan membantu mempersiapkan kulit Anda untuk menerima rejimen perawatan kulit Anda dan kemudian merias wajah Anda," kata Lerma.

Kunci untuk pengelupasan kulit kering adalah dengan menggunakan exfoliant kimia yang lembut daripada exfoliant fisik yang keras, seperti scrub.

3. Hindari alis bedak

Alih-alih mengaplikasikan alas bedak atau foundation dengan harapan menutupi semua bagian yang kering, gunakan formula yang lebih ringan seperti pelembap berwarna, krim BB, atau krim CC, imbau Lerma. Ini dapat mencegah riasan menempel pada serpihan kering dan hasil akhir seperti cakey.

Untuk area wajah yang sangat kering, coba koreksi dengan concealer untuk cakupan yang lebih banyak. "Anda dapat menutupi bagian sangat kering dengan concealer yang menghidrasi setelah kulit disiapkan dengan perawatan kulit yang tepat," tutur Gene.

"Pastikan untuk menemukan perawatan dan jangan menggosokkan concealer." Ini membawa kita ke poin berikutnya.

4. Tepuk, jangan Digosok

Gene mengatakan teknik yang Anda gunakan untuk merias wajah dapat membantu atau memperburuk menutupi kulit kering. “Saat mengaplikasikan foundation pada kulit yang kering atau mengelupas, pastikan mengaplikasikannya secara satu arah saat menggunakan kuas atau gunakan teknik menepuk dengan spons makeup,” ujarnya.

"Jangan terlalu sering menggosokkan kuas di sekitar wajah (ke arah yang berbeda) karena bisa menyebabkan gesekan pada kulit, yang bisa membuat kulit semakin mengelupas," lanjutnya

5. Hindari pakai bedak berlebihan

Jika Anda yang memiliki jenis kulit kombinasi ke kulit kering atau yang menyukai hasil akhir matte, Anda dapat menggunakan bedak, namun Anda harus strategis dalam penempatannya.

"Pastikan untuk mengpalikasikan bedak secukupnya di tempat yang membutuhkan, tambahkan saat diperlukan ," saran Gene.

Juga, pastikan Anda memilih jenis bedak paling halus dan tidak full coverage, yang menurut Lerma bisa membuat kulit terlihat lebih kering

6. Hindari produk dengan formula bersinar atau glowing

Menurut Cassandra Garcia, seorang penata rias profesional global, selalu pakai produk riasan yang menghidrasi, tetapi berhati-hatilah dengan formula yang mengatakan produk itu mempromosikan cahaya.

Sebab formula glowing itu bisa menambah tekstur pada kulit kering atau mengelupas. Sebagai gantinya, carilah formula yang membuatnya tetap sederhana dan tingkatkan hidrasi untuk memberikan cahaya yang tampak alami. "Jika Anda mau, pilih untuk menambahkan cahaya atau kilau di tempat lain dengan bedak atau krim highlighting sehingga tidak ada tekstur yang ditambahkan," katanya.

7. Face mist jadi kuncinya

Kiat terbesar untuk membuat riasan Anda bertahan lama dan menghindari tambalan kering atau serpihan yang muncul sepanjang hari adalah menjaga agar wajah tetap lembutsetiap saat.

"Tips terbaik untuk menjaga riasan Anda tetap halus sepanjang hari selama musim dingin adalah menggunakan face mist yang menyegarkan untuk membantu mengatur riasan," ungkap Gene. Semprotan face mist dapat digunakan terus menerus sepanjang hari tanpa mengganggu riasan dan menjaga penampilan Anda tetap halus.

Semoga kiat di atas membantu tampilan makeup pemilik kulit kering kian memesona.

Baca juga: Perawatan Kulit Kering dengan Toner DIY