5 Tahap Menggunakan Minyak Zaitun untuk Rambut

Ilustrasi minyak zaitun. Pixabay.com

kecantikan

5 Tahap Menggunakan Minyak Zaitun untuk Rambut

Jumat, 12 Maret 2021 09:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Orang telah menggunakan minyak zaitun untuk perawatan rambut selama ribuan tahun. Minyak zaitun mengklaim bahwa minyak itu menambah kilau, tubuh, kelembutan, dan ketahanan.

Unsur kimia utama minyak zaitun adalah asam oleat, asam palmitat, dan squalene. Ini semua adalah emolien, yang berarti memiliki kualitas pelunakan. Faktanya, banyak sampo, kondisioner, dan pomade mengandung emolien versi laboratorium.

Beberapa penelitian tentang efek minyak zaitun menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat memiliki efek pelembab yang besar.

Minyak zaitun dapat menambah kelembutan dan memperkuat rambut dengan menembus batang rambut dan menjaga kelembapan. Kilau yang dikatakan berasal dari minyak zaitun mungkin karena minyak yang menghaluskan kutikula luar rambut.

Anda mungkin akan melakukan beberapa eksperimen sebelum menemukan rutinitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda belum pernah menggunakan minyak zaitun untuk mengondisikan rambut Anda, berikut ini cara memulainya.

Orang yang ingin menggunakan minyak zaitun sebagai bagian dari rutinitas perawatan rambutnya dapat mencoba metode berikut:

  1. Takar sedikit minyak zaitun, terutama jika ini adalah pertama kalinya dioleskan ke rambut.
  2. Oleskan minyak pada area rambut atau kulit kepala kering, yang akan berbeda untuk setiap orang.
  3. Tutupi rambut dengan topi mandi dan biarkan minyak menempel di rambut selama sekitar 15 menit.
  4. Bilas minyak dari rambut dengan air hangat.
  5. Keramas rambut, ulangi langkah ini jika minyak zaitun membuat rambut berminyak.

Kebanyakan orang akan dapat menggunakan minyak zaitun pada rambut mereka dengan aman, jadi mungkin ada baiknya mencoba beberapa metode berbeda untuk menemukan metode yang paling sesuai.

Perlu diperhatikan pula, bahwa tidak semua jenis rambut akan mendapat manfaat dari seseorang yang menggunakan minyak zaitun sebagai kondisioner.

Rambut kering dan kasar mungkin lebih bermanfaat daripada rambut kering dan tipis. Orang dengan rambut berminyak dan halus mungkin menyadari bahwa minyak zaitun membuat rambut mereka terasa berminyak dan berat.

Baca juga: Cara Menggunakan Minyak Zaitun Sesuai Jenis Kulit

HEALTHLINE | MEDICAL NEWS TODAY