Jadi Ibu, Zaskia Sungkar Akui Belajar Mengontrol Emosi dari Adiknya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
(Paling kiri) Zaskia Sungkar dan adiknya, Shireen Sungkar. Instagram.com/@zaskiasungkar15

(Paling kiri) Zaskia Sungkar dan adiknya, Shireen Sungkar. Instagram.com/@zaskiasungkar15

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris yang kini menjadi Youtuber, Zaskia Sungkar mengaku banyak belajar menjadi seorang ibu dari adiknya, Shireen Sungkar. Shireen diketahui lebih dulu dikaruniai buah hati. Anak pertamanya lahir pada 2014 lalu diikuti dengan anak kedua dan ketiga yang berjarak dua tahun. Sementara Zaskia baru dianugerahi anak pertama pada Maret 2021. Zaskia mengaku kerap mendiskusikan berbagai hal soal peran ibu, mengasuh bayi, dan produksi Air Susu Ibu atau ASI.

"Aku tuh lumayan ketolong sama Shireen yang udah banyak pengalaman. Jadi, kayaknya gue sejam sekali telponan sama dia, 'dek, lagi apa? kak, lagi apa?'. Jadi, tahu gitu," ujarnya dikutip dari vlog yang diunggah di kanal Youtube The Sungkars Family, Rabu, 15 Desember 2021.

Saat ini, menurut Zaskia, Shireen sedang di masa ibu dan anak sekolah. Ia mengaku kerap melihat Shireen mendampingi anak-anaknya sekolah atau mengerjakan tugas. Lewat panggilan video, Zaskia mengamati bagaimana adiknya pandai mengontrol emosi menghadapi keinginan ketiga anaknya.

"Aku belajar banyak dari Shireen, ngeliat dia kita kontrol emosi. Harus bener-bener wise, sabar, ngadepin segala macam sifat anak yang berbeda," kata istri Irwansyah itu.

Bicara soal tumbuh kembang Ukkasya, Zaskia mengungkapkan putranya yang berusia 8,5 bulan itu sedang tumbuh gigi. Sudah ada satu gigi bawah yang tumbuh. Berbeda dari anak kebanyakan yang kerap rewel dan demam saat tumbuh gigi, Ukkasya tenang-tenang saja, jelas Zaskia.

"Dan alhamdulillah kebagian yang enggak (demam dan rewel). Dia slow aja. Ada cranky, tapi masih dalam batas wajar gak ampe bikin pusing banget. Tapi malem dia kebangun-bangun," tutur perempuan 30 tahun itu.

Eropa menjadi tujuan liburan pertama bagi putra Zaskia Sungkar dan Irwansyah/Foto: Instagram/Zaskia Sungkar

Jika Ukkasya terbangun, Zaskia dengan mudah menidurkannya kembali dengan diusap-usap lembut tumbuhnya atau diberi ASI.

Zaskia juga mengungkapkan Ukkasya belum mengalami fase Gerakan Tatap Mulut atau GTM, di mana bayi menolak makan termasuk makanan favoritnya. Jika nanti Ukkasya mengalami fase itu, Zaskia tak terlalu khawatir karena itu hal wajar yang dialami banyak bayi.

Untuk menghadapi kemungkinan terjadinya fase GTM pada Ukkasya, Zaskia Sungkar sudah membekali diri dengan beberapa kiat dari dokter. Salah satunya memberikan variasi bentuk makanan favorit si anak. Untuk Ukkasya yang doyan makanan gurih, ia sudah memiliki beberapa pilihan biskuit yang kaya gizi.

"Kalau Ukkasya nih, Ukkasya kan suka yang gurih.  Jadi, aku udah tahu kasih biskuit-biskuit yang kandungan zat besi terpenuhi trus ada proteinnya segala macam. Ya, aku harus siap-siap seandainya dia fase GTM, aku kasih itu, yang penting nutrisinya terpenuhi," tandasnya.

Sebagai informasi, Zaskia Sungkar dan Irwansyah baru dikaruniai buah hati setelah 10 tahun menikah. Pasangan ini menjalani program bayi tabung untuk memperoleh keturunan. Ukkasya lahir pada 30 Maret 2021.

Baca juga: Momen Menyusui Paling Indah bagi Zaskia Sungkar, Saling Bertatapan dan Senyum

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."