Cerita Mutia Ayu Belajar Mengasuh Anak dari Buku: Bekal Aku Membesarkan Gewa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Mutia Ayu bersama putrinya, Gewa Atlana Syamayim Latuihamallo. Instagram.com/@mutia_ayuu

Mutia Ayu bersama putrinya, Gewa Atlana Syamayim Latuihamallo. Instagram.com/@mutia_ayuu

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi Mutia Ayu diketahui hobi membaca buku sejak lajang. Hal itu terlihat dari sederet unggahan buku biografi hingga novel yang dibagikannya di Instagram-nya. Hobi itu pun berlanjut hingga saat ini menjadi ibu tunggal untuk putrinya, Gewa Atlana Syamayim Latuihamallo atau Gewa.

Mutia mengaku mengandalkan buku dalam mengasuh anak semata wayangnya dengan mendiang Glenn Fredly.

"Ini bekal aku untuk membesarkan Gewa karena sekarang aku single mother (ibu tunggal). Jadi, sekarang aku pinter-pinter untuk mencari pengetahuan sebanyak-banyaknya (dari buku)," ucap Mutia dikutip dari kanal YouTube Mutia Ayu, Sabtu, 10 Juli 2021.

Di vlog tersebut, ia menunjukkan sejumlah buku yang sedang dibacanya antara lain Don't Worry be Happy Mommy, Anak Juga ManusiaMontessori Seni Menggali Potensi Anak Sejak Dini, hingga Montessori & Parenting.

Mutia mengaku orang tuanya pun memberi kepercayaan penuh kepada dirinya dalam membesarkan anak. Orang tuanya hanya akan mengungkapkan pendapat, jika Mutia bertanya atau meminta bantuan. "Mereka bakalan bantu kalau misalkan aku bertanya," tutur perempuan asal Ciracap, Sukabumi, itu.

Baca juga: Tampil dengan Ekstensi Rambut, Intip Gaya Busana Mutia Ayu

Ia mengisahkan bahwa sudah banyak membaca buku tentang pola asuh anak saat hamil. Tak hanya dirinya, Glenn pun ikut membaca.

"Dan semasa hamil pun dulu, aku selalu melakukannya (membaca buku) berdua sama Glenn. Yaudah kita perbanyak buku aja untuk menjadi orang tua," kata perempuan 26 tahun itu.

Menurutnya, baca buku lebih baik dibandingkan mendengarkan perkataan orang yang pasti berbeda latar belakang, karakter, hingga perjalanan hidupnya.

"Kalau menurut aku ya, daripada dengerin omongan orang lain yang belum tentu bener. Menurut aku, buku adalah guru paling bener ngasih taunya sesuai dengan anjuran-anjuran dokter, yang masuk akal lah," imbuh pelantun Muara Hati itu.

Selain membaca buku, Mutia juga kerap meriset pola asuh anak di mesin pencarian. Mutia Ayu dan Glenn Fredly dikaruniai Gewa pada 28 Februari 2020. Selang 40 hari dari kelahiran putrinya, Glenn Fredly wafat akibat meningitis pada 8 April 2020.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."