Lebaran di Rumah Seperti Zaskia Adya Mecca, Cek Ide Kreatif Ini

Zaskia Adya Mecca berpose dengan anak-anaknya. Instagram.com/@zaskiadyamecca

keluarga

Lebaran di Rumah Seperti Zaskia Adya Mecca, Cek Ide Kreatif Ini

Minggu, 9 Mei 2021 15:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Pemerintah terus gencar mengimbau masyarakat untuk melakukan mudik demi mengurangi penyebaran Covid-19. Hal itu pun dilakukan aktris Zaskia Adya Mecca. Ia berencana merayakan momen lebaran di rumah bersama dengan anak-anaknya.

“Penting sekali memanfaatkan setiap momen bersama anak sebagai momen keemasan mendekatkan hubungan keluarga” kata psikolog anak dan keluarga Irma Gustiana dalam keterangan pers yang diterima Tempo pada 5 Mei 2021.

Sebenarnya banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak di rumah saat lebaran. Selama Pandemi, Zaskia Adya Mecca mengajak keluarga kecilnya untuk melakukan ibadah tarawih di rumah saja. Hal ini mengajarkan anak-anak untuk semangat menyambut bulan Ramadan walaupun saat ini tidak bisa kumpul dengan keluarga besar. "Kami membuat kartu ucapan dan membungkus hampers bersama untuk dikirimkan ke sanak keluarga dan kerabat. Untuk mengisi kegiatan sekaligus meningkatkan interaksi dengan anak-anak, kami suka bereksperimen membuat short movie di rumah,” kata Zaskia Adya Mecca.

Ada banyak hal maupun kegiatan yang dilakukan bersama dengan anak-anak. Zaskia Adya Mecca membagikan 5 cara untuk mengisi kegiatan dan momen lebaran tahun ini.

Pertama, berkemah dalam rumah. Kegiatan berkemah identik dengan alam terbuka, namun karena pandemi kamu bisa melakukannya di rumah saja. Orang tua bisa melibatkan anak dalam menentukan lokasi, kamu bisa pilih di pekarangan rumah atau di ruang tamu. Ajak juga si kecil untuk menyusun agenda serta menyiapkan peralatan seperti tenda, buku cerita, dan berbagai camilan. "Aktivitas ini dapat melatih kemandirian anak, mempererat bonding antara anak dan orang tua, mengembangkan kemampuan untuk berkreasi dan mengasah keluwesan koordinasi motorik visual anak," kata Irma Gustiana.

Kedua, karoke bersama dengan keluarga. Kegiatan ini dapat bermanfaat untuk mengasah dan mengembangkan minat bakat anak. Selain itu mengisi waktu kosong bersama keluarga ini bisa dilakukan saat mendekati jam buka puasa, agar anak semangat dan melupakan lapar. "Mengembangkan keterampilan berkomunikasi dan bahasa, mengasah koordinasi motorik jika dilakukan dengan gerakan dan merekatkan hubungan orangtua serta anak sehingga lebih hangat," kata Irma Gustiana.

Ketiga, membuat video vlog atau film pendek. Keseruan dari keluarga Zaskia Adya Mecca ini, bisa dicontoh untuk membuat anak jadi lebih produktif. Berawal dari hobi menonton film, akhirnya terbesit sebuah ide untuk memproduksi film sendri. "Ada yang berperan sebagai kameramen, ada yang menjadi pemeran utama sampai dengan mengurus properti. Momen yang paling menyenangkan adalah ketika film telah selesai diproduksi, satu keluarga berkumpul di ruang tv untuk menyaksikan hasil film yang telah mereka produksi bersama," kata Zaskia Adya Mecca.

Keempat, papan permainan. Anak-anak sangat menyukai permainan, selam di rumah saja, kamu bisa membelikan papan permainan yang mengasah kecerdasan anak. Selain itu mengasah fokus strategi anak serta mengajarkan kompetisi yang sehat untuk anak-anak. "Megembangkan rasa percaya diri dan inovatif sehingga anak akan tumbuh berkembang dengan optimal dari aspek kognitif, sosial dan emosional,” tutur Irma Gustiana.

Kelima, nonton film bersama. Selain menonton hasil produksi film pendek yang dibuat keluarga, kamu bisa mengajak anak-anak untuk menonton film-film anak secara bersama. Bisa menjadikan rumah ala bioskop dengan menyediakan popcorn dan minuman, dan pengeras suara untuk menambah pengalaman nonton yang lebih.

Baca: Lebaran di Rumah Saja, Berikut 4 Inspirasi Kegiatan Bersama Keluarga

NATHASYA ESTRELLA