Zaskia Gotik Bahagia Bakal Buat MPASI Putrinya, Dokter Wajibkan 4 Nutrisi Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Zaskia Gotik. Instagram/@zaskia_gotix

Zaskia Gotik. Instagram/@zaskia_gotix

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pedangdut Zaskia Gotik mengungkapkan rasa bahagia bahwa putrinya, Arsila Bungalia Sirkiani atau Arsila, bakal genap berusia 6 bulan esok hari, Jumat, 7 Mei 2021. Selain bahagia, ia mengutarakan penuh semangat karena Arsila akan mengonsumsi makanan pendamping air susu ibu atau MPASI. 

Pemberian MPASI dilakukan setelah anak berusia enam bulan. Pada periode emas atau 1.000 hari pertama, asupan bernutrisi berperan penting agar tumbuh kembang anak optimal.

"Dedek Arsila mau enam bulan besok, mau MPASI, YeayI'm so excited, i'm so happy, besok my daughter akan makan, yeay. Seneng banget ya, nak," tuturnya dalam Instagram Stories, Kamis pagi, 6 Mei 2021.

Di beberapa video itu, Zaskia dan Arsila tampak berada di tempat tidur. Arsila memakai piyama warna abu-abu, sementara Zaskia tak menunjukkan penampilannya seutuhnya, hanya terlihat atasan tanpa lengan warna abu-abu.

Baca juga: Terjun ke Dunia Bisnis, Zaskia Gotik: Tak Hanya Bermodalkan Uang

Jika Anda tengah bersiap memberikan MPASI kepada putra-putri Anda seperti Zaskia Gotik, pastikan tak melewatkan tips berikut.

Berdasarkan anjuran Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), strategi pemberian MPASI untuk anak terdiri dari empat bagian sebagai berikut

  • Tepat waktu, di mana MPASI mulai diberikan pada anak berusia 6 bulan.
  • Adekuat, makanan yang diberikan harus memenuhi kebutuhan energi, protein, dan mikronutrien anak.
  • Aman dan higienis, MPASI harus dipersiapkan dengan cara yang aman, dan terjamin kebersihannya.
  • Diberikan secara responsif, di mana MPASI harus diberikan dengan melihat tanda apakah anak tersebut lapar atau kenyang.

Menurut Dokter Spesialis Anak, Miza Dito Afrizal, ada empat nutrisi penting dalam MPASI, yaitu karbohidrat yang merupakan sumber energi, protein (utamakan protein hewani), lemak, dan buah atau sayur dalam jumlah sedikit sebagai bentuk pengenalan kepada anak.

"Namun, konsumsi serat pada MPASI sebaiknya dibatasi, kandungan serat yang berlebihan pada MPASI dapat menyebabkan terjadinya sembelit pada anak," ucap dokter Miza beberap waktu lalu.

Keempat nutrisi penting ini dapat diperoleh dari berbagai jenis makanan. Contohnya karbohidrat diperoleh dari beras, kentang, ubi, atau gandum. Sementara protein terbagi atas dua, yaitu protein hewani dan nabati.

Protein hewani dari telur, daging, ayam, ikan, dan udang, sedangkan protein nabati dari tempe dan tahu.

Untuk lemak dan penambah kalori bisa didapatkan dari minyak, mentega, dan santan. Sementara zat besi didapat dari konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

“Zat besi (Fe) juga tidak kalah pentingnya untuk mendukung tumbuh kembang dan perkembangan otak seorang anak. Kebutuhan zat besi pada anak di periode MPASI kurang lebih sebanyak 11 mg/hari," ungkap Miza.

Contohnya, lanjut Miza, zat besi dalam daging diserap 20 kali lebih tinggi ketimbang bayam (0,6 mg vs 0,03 mg).

IDAI merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi minimal dua kali sehari. Saat mengonsumsi zat besi, sebaiknya juga mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C karena dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan.

Selain itu, hindari konsumsi susu dan teh, karena kalsium pada susu dan zat pada teh dapat menghambat penyerapan zat besi.

Selamat memulai merencanakan menu MPASI untuk Zaskia Gotik dan para ibu lainnya.

SILVY RIANA PUTRI | EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."