Tips Membuat Infused Water Agar Awet Seharian

Infused water. Freepik.com/Azerbaijan Stockers

kesehatan

Tips Membuat Infused Water Agar Awet Seharian

Sabtu, 13 Februari 2021 08:45 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Tubuh membutuhkan air putih dalam jumlah banyak. Tanpa sadar kita seringkali menyingkirkan air putih dan lebih memilih minuman yang sebenarnya tak baik dikonsumsi berlebihan. Infused water jadi salah satu pilihan untuk kamu yang tak terlalu suka minum air putih.

Minuman sederhana yang terbuat dari campuran air dengan buah-buahan, sayuran, hingga herbal ini punya banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Infused water juga jadi alternatif bagi kamu yang tak memiliki blender di rumah tapi mau merasakan minuman segar dengan aroma dan rasa buah-buahan. Kamu hanya perlu memotong buah dan bahan-bahan lain dalam ukuran kecil lalu memasukkannya ke dalam sebotol air. 

Apa itu infused water

Pada dasarnya mengonsumsi infused water adalah meminum air rendaman buah, sayur, ataupun rempah. Buah dan sayur yang bisa digunakan sebagai resep tidak terbatas pada irisan lemon atau timun. Mulai dari stroberi, nanas, semangka, hingga mangga bisa kamu gunakan untuk membuat infused water. Kamu juga bisa menggunakan berbagai rempah dan bumbu untuk dicampurkan ke dalam racikan minuman segar ini.  

Bagaimana cara membuat infused water?

Seperti yang telah disebutkan, secara sederhana, minuman ini adalah air hasil rendaman buah, sayur, hingga rempah-rempah. Tak sulit untuk mulai mencoba menyiapkan minuman ini sebagai asupanmu setiap hari. Yang pertama harus kali harus kamu lakukan adalah memilih bahan yang akan digunakan. Sebisa mungkin, pilihlah bahan organik. Cuci buah dan sayur pilihanmu agar bersih dari bahan kimia, pestisida, dan zat-zat lainnya. 

Pastikan potongan buah tidak terlalu besar. Terutama untuk melon, semangka, ataupun nanas. Jika kamu mau menggunakan buah yang bertekstur keras seperti apel atau pir, irislah tipis agar rasa manis dari buah bisa keluar dengan mudah. 

Agar infused water bisa awet seharian

Selalu gunakan air dingin atau bersuhu ruangan untuk merendam buah dan sayur. Air panas hanya akan membuat bahan-bahan ini hancur dengan cepat dan merusak nutrisi yang kamu butuhkan. 

Selanjutnya tentu kamu butuh wadah. Kamu bisa memilih gelas, botol, hingga jar kaca. Pastikan kamu menggunakan botol bermulut besar agar bisa dengan mudah memasukkan buah-buahan.   

Beda bahan, beda pula cara merendam. Timun, buah-buahan asam, melon, dan daun mint bisa dengan mudah mengeluarkan rasa setelah dimasukkan dalam air. Namun beberapa buah keras seperti apel, kayu manis, dan jahe membutuhkan waktu lebih lama. Kamu bisa merendam bahan-bahan ini semalaman agar rasanya keluar.

Pastikan juga untuk menyimpan minuman ini di dalam kulkas. Infused water hanya tahan selama 2 jam di suhu ruangan. Jika hingga lebih dari waktu tersebut minumanmu belum habis, simpanlah di dalam kulkas untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

Kalau kamu sedang di rumah saja, dan berniat menikmati infused water sepanjang hari, siapkanlah minumanmu di jug air ukuran besar. Masukkan dalam kulkas, dan tuang ke gelas setiap saat kamu mau meminumnya. 

Kombinasi infused water mudah dan sederhana

Mulailah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Kamu bisa hanya menggunakan satu jenis buah atau sayur, dan mencampurnya dengan bahan lain untuk memperkuat rasa. Untuk kamu yang baru mau memulai, berikut adalah kombinasi infused water dengan bahan dasar timun dan lemon yang bisa kamu coba

1. Timun + jeruk nipis + stroberi + daun mint

2. Timun + daun mint + cabai

3. Timun + jahe+  lemon

4. Lemon + kayu manis + jahe

5. Lemon + apel + pir + kayu manis

Nah, mudah kan membuat infused water. Minuman ini bisa jadi caramu untuk memperbanyak konsumsi air dalam sehari agar tubuh lebih sehat. 

Baca juga: Khasiat Minum Infused Water untuk Kesehatan Tubuh