7 Manfaat Infused Water Timun, Menyehatkan Kulit hingga Tulang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi tonik mentimun. cooking.nytimes.com

Ilustrasi tonik mentimun. cooking.nytimes.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sama seperti infused water buah atau sayur lainnya, infused water timun juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain menyegarkan, infused water timun baik untuk jaga berat badan hingga cegah kanker. 

7 manfaat infused water timun yang menyegarkan dahaga dan menyehatkan

1. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Tubuh memerlukan cairan yang cukup agar bisa beraktivitas dengan baik. Apabila air putih terasa membosankan bagi lidah Anda, mengapa tak coba membuat infused water timun? Rasanya yang menyegarkan tentu akan memberikan Anda pengalaman minum air yang lebih berbeda. 

2. Mengendalikan radikal bebas

Timun merupakan salah satu gudangnya zat-zat antioksidan, seperti vitamin C, beta-karoten, Mangan, Molibdenum, dan beberapa senyawa flavonoid. Zat antioksidan adalah nutrisi yang membantu mengendalikan radikal bebas penyebab stres oksidatif. Salah satu penyebab kerusakan sel dan berbagai penyakit kronis, termasuk kanker, penyakit jantung, dan diabetes. 

3. Menurunkan tekanan darah

Salah satu faktor yang dikaitkan dengan tekanan darah tinggi adalah kadar natrium yang berlebihan di tubuh, di samping juga rendahnya kadar kalium. Kelebihan natrium tersebut membuat tubuh menahan air dan berujung pada tekanan darah tinggi. Kalium menjadi salah satu elektrolit yang dapat mengatur kadar natrium yang tertahan di ginjal. Timun pun menjadi salah satu sumber kalium.

Konsumsi infused water timun diyakini mencukupkan kebutuhan tubuh akan mineral elektrolit ini sehingga berpotensi untuk menurunkan tekanan darah.

4. Memelihara kesehatan kulit

Infused water timun membantu menjaga kesehatan kulit. Pertama, konsumsi cairan yang cukup akan membantu tubuh mengeluarkan racun dan mempertahankan kulit yang sehat. Kedua, buah ini juga kaya dengan asam pantonenat atau vitamin B5, vitamin yang dikaitkan dengan penanganan jerawat. 

5. Menjaga kesehatan tulang

Selain menyehatkan kulit, infused water timun juga diyakini bermanfaat untuk tulang. Pasalnya, timun merupakan salah satu sumber vitamin K. Satu cangkir irisan timun dapat mencukupkan sekitar 19% kebutuhan harian tubuh terhadap vitamin ini. Vitamin K diperlukan tubuh untuk pembentukan jenis protein yang kemudian digunakan dalam pemeliharaan kesehatan tulang dan jaringan lain. Vitamin K juga terlibat dalam proses pembekuan darah.

6. Bantu turunkan berat badan

Apabila Anda sedang melakukan diet penurunan berat badan, infused water timun dapat menjadi pilihan air yang menyegarkan untuk menghindari minuman-minuman manis. Mengganti minuman bergula dengan air timun diharapkan membantu Anda mencapai defisit kalori setiap harinya. Menjaga hidrasi tubuh, termasuk dengan infused water timun, juga membantu agar perut terasa kenyang.

7. Menurunkan risiko kanker

Manfaat lain dari infused water timun adalah berpotensi untuk melawan kanker. Selain mengantongi zat-zat antioksidan, timun juga mengandung senyawa yang disebut kukurbitasin dan kelompok nutrisi yang disebut lignan. Keduanya berpotensi untuk melindungi tubuh dari kanker. 

Selain itu, sebuah riset yang dimuat dalam Journal of Cancer Research juga menyebutkan bahwa senyawa flavonoid fisetin membantu memperlambat kanker prostat.

Apa saja langkah-langkah membuat infused water timun? Pertama, masukkan irisan dari setengah atau satu buah timun utuh ke dalam toples atau botol infused water. Kemudian masukkan air putih. Setelah tercampur, tutup toples atau botol untuk didiamkan minimal dua jam hingga semalaman di dalam lemari es.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."